Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kontribusi Forum GenRe Depok Lewat Inovasi Stunting Warrior

JD 05 - berita depok
Selasa, 31 Januari 2023, 13:26 WIB
Foto: JD 01/Diskominfo Duta GenRe Kota Depok 2021, Meita Choppypah saat memberikan paparan dalam roadshow daring bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy tentang Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem secara virtual, di Aula Edelweis Lantai 5 Balai Kota, Jumat (20/1/2023).

berita.depok.go.id - Upaya mencegah dan menurunkan angka stunting, Forum Generasi Berencana (GenRe) Kota Depok turut mengambil andil di dalamnya. Keberadaan Forum GenRe ini sebagai agen perubahan dalam inovasi Stunting Warrior (STAR).

Duta GenRe Kota Depok 2021, Meita Choppypah mengatakan, permasalahan stunting masuk dalam salah satu substansi GenRe, yaitu kesehatan remaja. Sebab, salah satu faktor penyebab anak terindikasi stunting adalah ibu yang mengalami anemia saat hamil.

"Melalui Stunting Warior (STAR) kami mengajak partisipasi remaja untuk ikut mandiri dalam menjaga kesehatan dengan mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) untuk menurunkan prevalensi anemia pada remaja putri," kata Meita kepada berita.depok.go.id, Selasa (31/01/23).

Meita menuturkan, STAR merupakan inovasi Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok. Dalam menjalankan inovasi ini melibatkan Forum GenRe tingkat kota dan kecamatan.

"Kami sudah lakukan edukasi kepada siswa sekolah, dalam hal ini melakukan pencatatan dan pelaporan pemberian serta pemantauan TTD terhadap 29 sekolah dari 11 kecamatan," tuturnya.

Menurut Meita, pemberian TTD perlu diperluas cakupannya agar para remaja putri terpenuhi suplementasi zat besi dan asam folat mingguan dalam tubuhnya. Disamping itu, Forum GenRe juga terlibat dalam kegiatan Sekolah Pra Nikah besutan DP3AP2KB Kota Depok.

"Salah satu materi dalam SPN adalah tentang stunting, mulai Februari 2023 ini kami juga akan melibatkan remaja di setiap kecamatan agar ikut program ini. Sebab, sangat bagus untuk menyiapkan diri sebelum menikah," tandasnya. (JD 05/ED 02/EUD03)