Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kiai Idris Tegaskan Komitmen Pemkot Depok Sejahterakan Lansia

JD 03 - berita depok
Selasa, 2 Juli 2024, 22:33 WIB
News
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat menyala para lansia pada Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 tingkat Kecamatan Sawangan di Taman Kelurahan Sawangan Baru, Selasa (02/07/24). (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di bawah kepemimpinan pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung program Kesejahteraan Lansia. 

Ditegaskan Wali Kota Depok, Mohammad Idris, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok demi menciptakan lingkungan yang mendukung kebutuhan para lansia, tentunya demi mewujudkan Depok sebagai kota ramah lansia.

“Kota ramah lansia sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), misalnya pembangunan kantor kelurahan dengan tangga yang ramah lansia, maksimal 15 sentimeter (cm), sehingga mereka bisa naik tangga dengan mudah,” katanya saat menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 tingkat Kecamatan Sawangan di Taman Kelurahan Sawangan Baru, Selasa (02/07/24).

“Jembatan penyeberangan orang (JPO) baru juga sudah ramah lansia,” sambung Kiai Idris, sapaan akrab Wali Kota Depok.

Meski demikian, dirinya mengakui bahwa masih ada tantangan dalam mewujudkan kota ramah lansia, terutama dalam aspek fisik dan transportasi.

“Kami masih perlu mengevaluasi beberapa kegiatan yang bersifat fisik, misalnya, transportasi umum seperti layanan BTS (buy the service) yang belum sepenuhnya ramah lansia, karena teknologi yang digunakan bisa sulit untuk mereka, jadi ini adalah area yang perlu diperbaiki,” jelasnya.

Lebih lanjut, ujar Kiai Idris, hingga kini Pemkot Depok telah menyediakan fasilitas publik seperti taman dan tempat berkumpul yang ramah bagi lansia.

“Fasilitas publik seperti taman, tempat bermain, dan tempat untuk bercengkerama sudah kami sediakan,” tuturnya.

“Selain itu, kami telah membentuk Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Depok secara ex-officio,” jelas Kiai Idris.

Komda Lansia, tuturnya, berfungsi sebagai wadah bagi semua organisasi lansia, termasuk Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI).

“Di tingkat kecamatan, ketua Komda Lansia adalah sekcam (sekretaris camat), organisasi lansia seperti LLI yang paling aktif berada di bawah naungan Komda Lansia,” terangnya.

Kiai Idris juga memberikan apresiasi khusus kepada Kecamatan Sawangan yang dinilai sangat aktif dalam menjalankan program-program untuk warga lansia.

“Sawangan termasuk yang paling aktif, di samping Sukmajaya dan Pancoran Mas,” ujarnya.

“Di Cinere, fokusnya pada kesehatan dengan adanya klinik lansia, sekolah lansia juga sudah ada di beberapa kecamatan, dan kami berharap ini bisa diimbangi di semua wilayah,” harap Kiai Idris.

Ia berharap, dengan berbagai program dan fasilitas yang telah disediakan, para lansia di Kecamatan Sawangan dan seluruh Kota Depok dapat merasakan manfaatnya dan hidup dengan lebih sejahtera.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memperbaiki fasilitas bagi lansia, sehingga mereka dapat menjalani hidup dengan lebih nyaman dan bermartabat,” tutup Kiai Idris. (JD 03/ED 02)