Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kiai Idris Sebut Banyak Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Peristiwa Isra Miraj

JD10 - berita depok
Senin, 12 Februari 2024, 16:42 WIB
Wali Kota Depok, Mohammad idris saat memberikan sambutan pada acara Peringatan Isra Miraj di Masjid Balai Kota Depok, Senin 12/02/24. (Foto : JD01/Diskominfo Depok)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, menggelar peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kota Depok, Senin (12/02/24).

Acara yang berlangsung di Masjid Balai Kota Depok ini di buka langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan dihadiri para kepala Perangkat Daerah (PD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), para camat, lurah hingga tokoh dan masyarakat. 

Pada Kesempatan tersebut, Mohammad idris mengatakan banyak pelajaran penting yang bisa petik dari peringatan Isra Miraj ini. 

Sebab, peristiwa ini bukan hanya sekadar dikenang tetapi memiliki banyak pelajaran mengenai sebuah perjalanan Rasulullah SAW. 

"Yang jelas sebelum Isra Mi'raj disitu ada peristiwa-peristiwa yang sempat membuat Nabi Muhammad SAW cemas untuk melanjutkan dakwah Islam," ujarnya Kiai Idris, sapaannya saat memberikan sambutan, Senin (12/02/24).

Dirinya menjelaskan, peristiwa pertama adalah saat pemboikotan keluarga besar yang membuat Rasulullah SAW cemas pada tahun tujuh kenabiannya. 

Kemudian tiga tahun setelahnya wafatnya Abu Tholib di bulan Rajab dan istri beliau, Siti Khadijah di bulan Ramadhan.

"Tiga peristiwa inilah yang membuat Nabi Muhammad SAW sempat cemas tetapi Allah SWT menggambarkan Abu Lahab kecil, Abu Jahal maupun Firaun kecil karena kamu punya Allah SWT, diperjalananlah kebesaran Allah SWT ditunjukkan dengan peristiwa Isra Miraj," ungkapnya.

Dari peristiwa itulah, dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dimulai kembali pada peristiwa hijrahnya di tahun ke-12 kenabian. 

"Dan merupakan masyarakat transformatif dan reformatif dengan suasana baru dengan seorang pemimpin yang penuh dengan keteladanan," ungkapnya. 

"Itulah kira-kira perjalanan Isra Miraj yang harus kita ambil pelajarannya," tutupnya (JD10/ED01).