Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Ketua Dekranasda Depok Motivasi Peserta Seminar Ide Bisnis

JD09 - berita depok
Kamis, 8 Juni 2023, 20:36 WIB
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida memberikan motivasi kepada para peserta Seminar Ide Bisnis yang digagas Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Depok, Kamis (08/06/23). (Foto : JD01/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida memberikan motivasi kepada para peserta Seminar Ide Bisnis yang digagas Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Depok di Kinasih Resort, Kecamatan Tapos, Kamis (08/06/23). 

Bunda Elly, sapaannya mengatakan, para pengusaha harus memiliki SMART goals atau Tujuan yang Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Time Bound. Sebab, jika tidak memilikinya, usahanya tidak akan berkembang dan bertahan.

"Specific artinya pengusaha harus memiliki target yang spesifik dan jelas. Jika tidak, target tidak akan tercapai karena fokus terbagi dan usaha yang dilakukan sia-sia," tuturnya kepada berita.depok.go.id, di sela acara, Kamis (08/06/23).

Lalu Measureable, sangat penting bagi pelaku usaha memiliki target kerja yang dapat diukur. Dengan demikian, semua perkembangan bisa dilihat, sehingga memberi motivasi tersendiri.

"Melihat kemajuan akan membantu diri tetap fokus dalam memenuhi target dan merasa suka cita karena makin dekat dengan tujuan," kata Bunda Elly.

Tujuan selanjutnya Achibeable, yaitu pengusaha harus membuat target kerja yang realistis dan mudah digapai agar menjadi pribadi sukses. Kemudian Relevant, langkah ini diperlukan untuk memastikan bahwa target yang ditentukan memiliki makna penting dan dapat disesuaikan dengan target lain yang masih relevant.

Terakhir Time Bound, menurut Bunda Elly, tiap target yang diberikan selalu berkaitan dengan waktu. Jadi pastikan membuat batas waktu agar tetap fokus pada sesuatu yang ingin digapai.

"Langkah bijak akan membuatmu semakin SMART, tak lagi menyalahkan situasi, kondisi apalagi orang lain. Buang jauh alasan tak berguna, yuk belajar lagi untuk berbenah dan biasakan melaksanakan kewajiban dengan prima," tutup Bunda Elly. (JD 09/ED 01/EUD 04)