Pengurus Katar Pontir (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Karang Taruna (Katar) Kelurahan Pondok Petir (Pontir) mempunyai cara tersendiri untuk membiayai aktivitas organisasi kepemudaannya. Selain menggarap usaha kreatif berupa pembuatan kebab mini, ayam nugget, dan sosis, Katar Pontir juga menggagas sedekah minyak jelantah.

Ketua Katar Pontir, Agung Purnama mengatakan, rencananya program sedekah ini dimulai awal bulan Februari mendatang. Nantinya pengurus Katar Pontir akan bekerja sama dengan warga dan pedagang sekitar Pontir untuk mendukung program tersebut.

“Sedekah minyak jelantah ini akan dilakukan oleh pengurus Katar Pontir yang mendatangi rumah warga. Bisa juga pedagang-pedagang yang ingin bersedekah minyak. Hasilnya untuk pemasukan uang kas katar,” kata Agung kepada berita.depok.go.id di Pontir, beberapa waktu lalu.

Dia menyebut mekanisme pengambilan sedekah antara lain pengurus katar akan keliling ke pedagang untuk mengambil minyak jelantah yang akan dikumpulkan dan dijual ke pengepul. Dari hasil tersebut, minyak jelantahnya akan diolah menjadi bio diesel.

“Kami hanya mengambil proses jual bekasnya saja. Sedangkan untuk proses pembuatan menjadi bio diesel dilakukan oleh salah satu perusahaan. Mudah-mudahan pengumpulan minyak ini juga bisa mengurangi limbah cair yang bisa merusak lingkungan,” tandasnya. (JD 06/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?