PSN yang dilakukan kader kesehatan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bojongsari (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Masuk musim penghujan, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Bojongsari mengajak masyarakat untuk menggiatkan pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Langkah PSN ini diminta dilakukan di setiap rumah demi mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Menurut Kepala UPT Puskesmas Bojongsari, Rahmina Dewi, PSN ini dinilai efektif dalam mencegah terjadinya penyakit DBD. Selain PSN, warga juga diajak untuk mengaktifkan kembali Juru Pemantau Jentik (Jumantik) di tiap rumah.

“Kita berharap agar warga selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan selama musim hujan dengan giat melakukan kegiatan PSN. lalu mengaktifkan lagi Jumantik tiap rumah, serta menjaga pola makan dan istirahat,” ujar Dewi kepada  berita.depok.go.id, Senin (03/02/20).

Lebih lanjut, ucapnya, UPTD Puskesmas Bojongsari sedang gencar mengupayakan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ke warga. Serta ditekankan pada Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB) yang dibantu oleh para kader di wilayah masing-masing.

“Kita juga melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE), sehingga dapat memantau perkembangan jentik di setiap wilayah yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bojongsari,” tandasnya. (JD 06/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?