Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kepala Puskesmas Ratujaya Bagikan Tips Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Maag

JD 05 - berita depok
Kamis, 14 Maret 2024, 16:14 WIB
Foto: Tangkapan Layar. Informasi mengenai tips puasa bagi penderita sakit maag dari UPTD Puskesmas Ratujaya pada akun instagram @puskesmasratujaya.

berita.depok.go.id - Dapat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh merupakan kewajiban setiap umat muslim. Tak terkecuali bagi penderita sakit maag, namun ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat berpuasa.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Ratujaya, Yani Haryani Sachmar menjelaskan, ada banyak tips puasa bagi penderita sakit maag. Tips ini penting untuk diterapkan agar ibadah puasa yang dijalani tetap lancar, nyaman, dan tidak menimbulkan keluhan sakit maag.

Di antaranya, makan secukupnya saat sahur dan berbuka puasa. Lalu jangan makan terburu-buru.

"Hindari tidur setelah makan, hindari makan pemicu sakit maag, dan pilih menu makanan yang tepat," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (14/03/24).

Yani menuturkan, makanan pemicu sakit maag yang harus dihindari adalah yang bersifat asam dan pedas. Serta buah-buahan yang mengandung gas, seperti pir, pisang, dan lainnya karena dapat membuat dinding lambung iritasi.

"Penderita maag juga harus selalu berpikiran positif, karena saat berfikir terlalu rumit asam lambung ikut meningkat," pungkasnya. (JD 05/ED 02)