Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kemenparekraf Tunjuk Depok Masuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO 2023

JD 05 - berita depok
Senin, 5 Juni 2023, 21:38 WIB

berita.depok.go.id - Setelah melewati berbagai rangkaian seleksi calon nominasi anggota jejaring Kota Kreatif UNESCO (Creative Cities Network (UCCN) 2023, Kota Depok resmi ditunjuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menjadi salah satu daerah yang akan diusulkan masuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO periode tahun ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, Kota Depok dan Kota Surakarta ditetapkan berdasarkan hasil pleno yang dilakukan Kemenparekraf RI pada 26 Mei lalu. Kota Depok mewakili Indonesia ke UNESCO di bidang media arts.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur Depok lolos seleksi calon nominasi anggota UCCN 2023, terima kasih kerja sama yang sangat luar biasa dari para pemangku kepentingan untuk Kota Depok menuju kota kreatif jejaring UNESCO 2023," katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (05/06/23) malam.

Menurut Dadang, semua ini bisa diraih karena komitmen yang kuat dari Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekretaris Daerah (Sekda) untuk mendorong Kota Depok maju ke level internasional.

Kemudian hasil kolaborasi yang baik antara pemerintah, komunitas, akademisi, bisnis, dan stakeholder lainnya. Lalu Depok juga didukung potensi media arts, dengan semakin berkembangnya startup yang sudah mendunia.

"Depok juga memiliki program unggulan mencetak Wirausaha Baru (WUB), Perempuan Pengusaha, dan Startup. Di samping itu juga Kota Depok punya sekolah seperti Yayasan Technonatura yang mendidik anak-anak mahir Teknologi Informasi (TI) sejak dini," jelasnya.

"Kami juga didukung tim kerja lintas institusi dan komunitas yang dapat mengisi formulir aplikasi (dossier) sebagaimana yang disyaratkan dalam proses seleksi ini," ucap Dadang.

Setelah pengumuman lolos seleksi ini, sambung Dadang, Kemenparekraf akan memberikan pendampingan secara intensif kepada tim Depok Creative City untuk menyusun formulir aplikasi sesuai panduan UCCN 2023.

"InsyaAllah kami siap mengikuti arahan selanjutnya dari Kemenparekraf. Semoga Kota Depok bisa menjadi kota kreatif di dunia tahun ini," pungkasnya. (JD 05/ED 02/ EUD 04)