Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

KemenKopUKM Dukung Program WUB dan Perempuan Pengusaha Pemkot Depok

JD 05 - berita depok
Rabu, 22 Mei 2024, 20:42 WIB
Foto: JD 01/Diskominfo. Deputi Kewirausahaan KemenKopUKM, Bastian saat menjadi keynote speech dalam acara Kick Off Program WUB dan Perempuan Pengusaha 2024 di Hotel Bumi Wiyata, Senin (20/05/24).

berita.depok.go.id - Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM) mendukung program Wirausaha Baru (WUB) dan Perempuan Pengusaha unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang bergulir sejak tahun 2022.

Dukungan tersebut diungkapkan Deputi Kewirausahaan KemenKopUKM, Bastian saat menjadi keynote speech dalam acara Kick Off Program WUB dan Perempuan Pengusaha 2024 di Hotel Bumi Wiyata, Senin (20/05/24).

"Kami apresiasi terhadap kegiatan dari program WUB di Depok yang sudah dilaksanakan dari 2022 dilanjutkan kembali 2024, kami juga melihat dari peserta ada peningkatan omzet hasil pelatihan dan pendampingan yang sudah dilakukan di Depok ini," ucapnya.

Dia menuturkan, wirausaha sangat berperan dalam menggerakkan sendiri perekonomian nasional dengan berbagai aspek dan bidang usaha yang dijalankan.

Keberadaan UMKM sangat dibutuhkan dalam memberdayakan, dan memanfaatkan besarnya potensi yang dimiliki oleh Indonesia baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Bastian menyebut, kemampuan dan kapasitas pelaku UMKM perlu ditingkatkan agar usaha yang dijalankan semakin berkembang dan berdaya saing.

Serta motivasi usaha juga harus di upgrade agar tidak lagi bersifat hanya kebutuhan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Namun lebih baik kepada berusaha melihat adanya potensi dan peluang yang didorong oleh jiwa kewirausahaan yang kuat," katanya.

"Dengan kuatnya jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh pelaku wirausaha maka kemampuan dalam pengembangan usaha akan semakin meningkat," tambahnya.

Selain itu juga, produk yang dihasilkan akan semakin inovatif dan solutif serta adaptif dengan perubahan pasar dan teknologi yang begitu cepat.

"Dengan begitu, usaha semakin berkembang dan naik kelas, dari mikro ke kecil, kecil ke menengah, dan menengah menjadi usaha besar," tandas Bastian. (JD 05/ED 02)