Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kelurahan Pangkalan Jati Beri Pelatihan Budidaya Ikan Konsumsi bagi Warga

JD10 - berita depok
Kamis, 1 Desember 2022, 13:22 WIB
Suasana pelatihan budidaya ikan konsumsi di aula kantor kelurahan pangkalan jati. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere terus memberikan perhatian bagi masyarakatnya. Kali ini sebanyak 20 orang diberikan pelatihan budidaya ikan konsumsi di aula kantor kelurahan, Selasa (29/11) kemarin.

Lurah Pangkalan Jati, Tarmuji mengatakan, ada beberapa keuntungan jika melakukan budidaya ikan konsumsi. Yaitu, memperoleh keuntungan ekonomis maupun konsumsi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan terbukanya lapangan pekerjaan baru di lingkungan sekitar.

"Sebagai solusi untuk menambah penghasilan keluarga, budidaya ikan konsumsi juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah untuk perawatannya, tidak perlu modal besar dan bisnis ini sederhana," ujar Tarmuji kepada berita.depok.go.id di ruangan kerjanya, Kamis (01/12/22).

Dikatakannya, warga dibekali ilmu tentang langkah-langkah melakukan budidaya ikan konsumsi. Pertama, yang perlu dipersiapkan adalah wadah dan lokasi budidaya ikan, lalu pemilihan benih sesuai dengan ukuran tujuan pembesaran, lalu penebaran beni dan pola pemberian pakan.

"Budidaya ikan konsumsi itu gampang-gampang susah, maka dari itu kegiatan pelatihan seperti ini sangat bagus untuk menambah pengetahuan warga, yang berminat mengembangkan usaha budidaya ikan konsumsi," katanya.

Terakhir, dia berharap, kegiatan ini dapat memacu semangat warga unutk melakukan budidaya ikan konsumsi. Sebab, ada beragam manfaat, baik untuk diri sendiri, keluarga ataupun lingkungan.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi warga dan ilmunya bisa ditularkan kepada warga yang lainnya," tuturnya. (JD 10/ED 02/EUD02)