Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kelurahan Mekarjaya Gelar Sosialisasi Sanitasi

Jumat, 22 November 2019, 21:09 WIB
Kesra

Puluhan warga Kelurahan Mekarjaya menyimak dengan antusias materi tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Aula Kelurahan Mekarjaya, Jumat (22/11/2019). (Foto : Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya hari ini menggelar sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Kegiatan yang diikuti puluhan peserta tersebut, bertujuan meningkatkan kesadaran warga terhadap penggunaan septictank di lingkungan masing-masing.

Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin mengatakan, kegiatan tersebut bekerja sama dengan Perangkat Daerah (PD) terkait. Seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Kecamatan Sukmajaya, dan pegiat lingkungan hidup.

“Kita ingin mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya tidak membuang kotoran ke selokan atau kali,” katanya, di Kantor Kelurahan Mekarjaya, Jumat (22/11/2019).

Zainal mengatakan, di wilayahnya ada empat lokasi khusus (lokus) yang menjadi perhatian program STBM, yaitu di RW 2, RW 7, RW 8, dan RW 18. Selain cukup padat, imbuhnya, empat wilayah ini juga terdapat selokan atau kali.

Dikatakannya, masih ada warga yang membuang air limbah rumah tangga ke selokan. Meski demikian, pihaknya sudah membangun beberapa septictank komunal di wilayah tersebut.

“Kami berharap, agar para peserta menyampaikan ilmu yang mereka dapat kepada warga lainnya. Dengan begitu, meningkatkan kesadaran warga untuk menjaga kebersihan kali,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo