Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kelurahan Mampang Buka Layanan Konseling Berhenti Merokok Gratis

JD 05 - berita depok
Kamis, 6 Oktober 2022, 16:12 WIB
News
Foto: istimewa Lurah Mampang, Darmawansyah saat meninjau layanan konseling GUSI UBM di halaman Kantor Kelurahan Mampang, Kamis (06/10/2022).

berita.depok.go.id - Kantor Kelurahan Mampang kini membuka layanan gratis untuk konsultasi bagi masyarakat yang ingin berhenti merokok. Layanan tersebut bernama Gerai Konsultasi Upaya Berhenti Merokok (GUSI UBM).

Lurah Mampang, Darmawansyah menjelaskan, GUSI UBM sudah beroperasi sejak 3 Oktober kemarin. Dalam kurun tiga hari ini, sudah cukup banyak masyarakat yang mendatangi gerai tersebut.

"Jam operasional pelayanan GUSI UBM sama dengan pelayanan pemerintahan, untuk itu silakan bagi masyarakat datangi gerainya yang berada di halaman kantor Kelurahan Mampang," katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (06/10/22).

Menurut Darmawansyah, latar belakang hadirnya GUSI UBM karena cukup tingginya angka perokok aktif di Kelurahan Mampang. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, sebanyak 77,98 persen warga Mampang perokok aktif.

"Rata-rata perilaku masyarakatnya masih merokok di dalam rumah, itu tidak baik bagi kesehatan dirinya dan keluarga," ujarnya.

Lanjut dia, layanan GUSI UBM bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang. Pemberi layanan konsultasi adalah kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Posyandu, dan Posbindu yang sudah mengikuti pelatihan terkait upaya berhenti merokok.

Darmawansyah menyebut, program ini akan berjalan selama dua bulan ke depan. Jika dalam rentan waktu itu peminatnya banyak, maka layanan GUSI UBM akan diperpanjang.

"Dengan adanya layanan ini bukan berarti kami ingin meminta masyarakat berhenti merokok langsung. Namun bisa perlahan dengan mendorong penerapan perilaku hidup bersih dan sehatnya,” tandasnya. (JD 05/ ED 02/EUD02)