Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kelurahan Jatimulya Kini Miliki Lima Posmaja

JD 05 - berita depok
Rabu, 5 Oktober 2022, 18:18 WIB
News
Foto: JD 05/Diskominfo Lurah Jatimulya, Aripudin saat pembentukan Posyandu Remaja (Posmaja).

berita.depok.go.id - Guna menyediakan wadah komunitas sehat bagi generasi muda, tahun ini Kelurahan Jatimulya membentuk dua Posyandu Remaja (Posmaja) di RW 05 dan 08. Dengan penambahan posyandu remaja di dua lokasi tersebut, kini Jatimulya telah memiliki lima Posmaja.

Lurah Jatimulya, Aripudin menjelaskan, kelima Posmaja di wilayahnya kini berada di RW 02, 03, 04, 05, dan 08. Penambahan Posmaja juga sebagai upaya dalam mendukung Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA).

"Dari total sembilan RW di Jatimulya baru terbentuk lima Posmaja, tahun depan kami dorong untuk ditambah lagi agar semakin banyak wadah positif bagi remaja," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (05/10/22).

Dikatakannya, Posmaja hampir sama keberadaannya seperti Posyandu sebagai pelayanan kesehatan. Namun bedanya sasaran Posmaja adalah usia 10-18 tahun kategori remaja.

Lanjut Aripudin, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Kalimulya akan membantu kader melaksanakan pelayanan kesehatan di Posmaja. Selain itu, para kader yang notabenenya adalah remaja juga didorong untuk menjadi konselor sebaya untuk teman-teman di lingkungan sekitarnya.

"Nanti pelayanannya ada pengecekan kesehatan dan konseling remaja," jelasnya.

Aripudin berharap, keberadaan Posmaja dapat dimanfaatkan sebagai tempat bertukar informasi dalam memecahkan masalah seputar remaja. Tidak hanya seputar kesehatan, namun segala macam permasalahan yang dihadapi remaja.

"Masing-masing Posmaja waktu pelayanannya berbeda, tapi rata-rata sore dan hari libur (weekend)," tandasnya. (JD 05/ED 02/EUD02)