Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kelurahan Jatimulya Gelar Pelatihan Program Kesehatan Masyarakat

JD 12 - berita depok
Minggu, 19 Maret 2023, 13:24 WIB
News
Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan program kesehatan masyarakat yang diadakan oleh Kelurahan Jatimulya. (Foto: Istimewa).

berita.depok.go.id- Kelurahan Jatimulya menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan program kesehatan masyarakat. Diadakan mulai dari 14 hingga 16 Maret, kegiatan tersebut diikuti oleh kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Posyandu, Pokja sehat, Forum Komunikasi Majelis Ta'lim (FKMT) dan karang taruna.


Lurah Jatimulya, Aripudin menjelaskan, pelatihan ini dalam rangka pembekalan bagi para kader posyandu dan masyarakat pemerhati kesehatan keluarga untuk meningkatkan cakupan beberapa indikator kesehatan keluarga. Serta sebagai upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Stunting.

"Dengan tujuan sebagai pengetahuan dan meningkatkan keterampilan mereka dalam pelayanan posyandu dan edukasi kepada masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang," ungkapnya, kepada berita.depok.go.id, Minggu (19/03/23).

Sementara itu, Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan, Kelurahan Jatimulya, Nadirah mengatakan, pelatihan diberikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Meliputi pengenalan Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Balita Berbasis Masyarakat (EPPGMB), pemberian makanan bayi dan anak balita, anemia pada remaja putri dan skrining calon pengantin.


"Disampaikan pula deteksi faktor resiko ibu hamil, ibu bersalin, bayi baru lahir oleh masyarakat, lalu pemantauan pertumbuhan balita dan praktek pemantauan pertumbuhan serta pemantauan perkembangan balita dan pengenalan buku KIA," jelasnya.


"Dengan begitu para peserta dapat menyampaikan kembali ke warga dan atau sasaran posyandu nya sehingga masalah-masalah kesehatan keluarga dapat di cegah dan lebih diminimalisir di kemudian hari," tutupnya. (JD 12/ED 01/EUD03)