Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kecamatan Tapos Segera Miliki Gerai Pamer UMKM

JD09 - berita depok
Selasa, 30 Mei 2023, 20:00 WIB
Gerai Pamer UMKM Tapos. (Foto : Diskominfo).

berita.depok.go.id - Kecamatan Tapos akan segera memiliki Gerai Pamer Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di halaman kantor kecamatan. Penyediaan fasilitas berukuran 4 x 5 meter ini, merupakan hasil kerja sama dengan PT. Karabha Digdaya. 

Pembangunan gerai UMKM tersebut diperkirakan selesai akhir bulan ini dan akan diresmikan awal Juni mendatang. Peresmian bakal dilakukan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Camat Tapos, Abdul Mutolib menuturkan, nantinya pengelolaan gerai ini diserahkan ke UMKM Kecamatan Tapos berkolaborasi dengan Wirausaha Baru (WUB).

"Nanti teknisnya seperti apa, mereka yang punya kesepakatan. Kami dari kecamatan sebagai penanggung jawab akan bertindak sebagai pengawas," tutur Abu kepada berita.depok.go.id, Selasa (30/05/23).

Pengawasan dilakukan langsung oleh Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekbang) Kecamatan Tapos. Termasuk laporan dan evaluasi pemanfaatan gerai UMKM.

"Kalau nanti diperjalanan ada dinamika yang terjadi, harus diantisipasi oleh Kasi Ekbang," ujarnya.

Dia menyebutkan, gerai tersebut akan diisi dengan produk kuliner, fashion dan craft dari UMKM dan WUB Tapos. Namun, imbuhnya, agar gerai ini hidup, maka harus juga disediakan produk yang dibutuhkan orang setiap hari.

"Misalnya, kopi, es atau mungkin juga sedia nasi uduk pada pagi hari. Kalau tidak seperti itu, sulit jika hanya mengandalkan produk hasil UMKM," katanya.

Ia berharap, dengan dibukanya Gerai Pamer UMKM di Kantor Kecamatan Tapos dapat menghidupkan program pemerintah. Baik pemberdayaan UMKM, WUB ataupun pengusaha perempuan.

"Ini menjadi salah satu fasilitas yang bisa menunjang keberhasilan program-program itu. Tinggal teman-teman UMKM yang sudah mendapatkan berbagai pelatihan untuk memanfaatkan ini sebagai tempat berjualan," tutup Abu. (JD 09/ED 01/EUD 04)