berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Kegiatan Tarawih Keliling (Tarling) yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dimanfaatkan sebagai momentum untuk sosialisasi pembangunan. Tidak terkecuali Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Manto, yang turut ambil bagian dalam memberikan sosialisasi sarana pengaduan online bagi masyarakat Depok.
"Iya, ini merupakan program Pemkot Depok. Untuk kegiatan Tarling ke-10, kami diminta mensosialisasikan beberapa program. Di antaranya fokus Diskominfo dalam pelayanan pengaduan masyarakat," ujar Kepala Diskominfo (Kadiskominfo) Kota Depok, Manto, usai kegiatan Tarling di Masjid Jami At Taqwa RW 13 Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Senin (10/04/23) malam
Beberapa hal yang disampaikan antara lain, terkait layanan 112 milik Pemkot Depok yang bisa diakses kapanpun, baik dengan kartu provider maupun tidak dan gratis. Layanan ini memberikan kemudahan untuk berbagai macam pengaduan dan terintegrasi antar satu dinas ke dinas lainnya.
"Misalnya, pengaduan kebakaran, pohon tumbang, temuan ular, jalan berlubang, banjir, longsor. Bisa melalui 112, nantinya akan diteruskan kepada dinas terkait untuk ditindaklanjuti segera," terangnya.
Selain layanan 112, ada juga aplikasi Sistem Terintegrasi untuk Pengaduan dan Aspirasi (SIGAP) yang bisa digunakan warga dalam hal pengaduan. Untuk jenis laporannya serupa dengan 112.
"Jadi sudah banyak media yang bisa digunakan. Dengan harapan, terjalin satu hubungan antar warga dan pemerintah untuk pembangunan Kota Depok yang lebih maju lagi," ungkapnya.
"Mudah-mudahan pesan dari sosialisasi ini sampai ke masyarakat dan dapat digunakan secara bijak," tutupnya. (JD 08/ED 02/EUD 04)