Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

IPSM Depok Siap Bantu Pemkot Atasi Permasalahan Sosial

JD 03 - berita depok
Kamis, 1 Desember 2022, 16:19 WIB
News
Pengukuhan kepengurusan IPSM Kota Depok periode 2021-2026 di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Rabu (30/11/22). (Foto: Istimewa).

berita.depok.go.id- Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Depok siap berkontribusi dalam mengatasi masalah kesejahteraan sosial di Kota Depok. Pihaknya akan membuat program-program yang berkaitan dengan pengentasan masalah kesejahteraan sosial.

“Dengan komitmen, konsisten dan konsekuen, kesuksesan IPSM akan tercapai. Sebab, IPSM adalah sebuah lembaga yang mengedepankan aspek kehormatan dan etika, maka semua pengurus yang ada bersama-sama dan bergotong royong untuk menjalankan IPSM,” tutur Ketua IPSM Kota Depok, Ramdani usai pengukuhan kepengurusan IPSM Kota Depok periode 2021-2026 di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Rabu (30/11/22)

Dikatakannya, IPSM akan terus mendukung dan membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam merealisasikan visi misinya menuju Kota Depok yang maju , berbudaya dan sejahtera. Kendati begitu, pihaknya juga akan membuat program-program yang berkaitan dengan pengentasan masalah kesejahteraan sosial. 

Namun, sebelum itu, kata Ramdani, pihaknya akan memberikan pelatihan dasar kepada para kader terlebih dahulu. Dengan begitu, mereka dapat menjalankan tugasnya secara maksimal.

“Pengurus IPSM ada 34 orang. Sedangkan anggota kami ada sekitar 300 kader. dari 300 anggota, 240 di antaranya sudah menjalani bimbingan teknis dasar, masih ada sisa 60 anggota yang akan melakukan bimbingan teknis sebagai modal untuk menjadi PSM,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Depok, Asloeah Madjri mengatakan, IPSM merupakan bagian dari Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dari unsur masyarakat. Mereka adalah mitra bagi Dinsos yang bisa menangani serta mencegah berkembangnya permasalahan kesejahteraan sosial.

“Mereka PSM warga masyarakat yang atas dasar rasa kesadaran dan tanggung jawab serta didorong oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial," ucapnya.

"Maka Dinsos memfasilitasi mereka juga dengan Bimbingan Teknis Dasar Pekerja Sosial Masyarakat. Tentu agar PSM di Depok itu berkualitas dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok, Iqbal Faroid berharap, para kader yang telah tergabung dalam IPSM dapat terus membantu Dinsos dalam memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat. Terlebih, mereka telah diberikan pembinaan untuk menangani permasalahan sosial.

“Kami harap PSM dapat memberikan informasi tentang ketersediaan pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat, menjadi motor penggerak dan mendorong penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) serta membangun jejaring penanganan PPKS dengan berbagai sistem dan sumber,” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD02)