Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

HPSN 2024, Pemkot Depok Cetuskan Program ASN Memilah Sampah

JD09 - berita depok
Kamis, 22 Februari 2024, 10:24 WIB
Program ASN Memilah Sampah. (Foto : JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan tema Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif yang digelar di lapangan Balai Kota Depok, Rabu (21/02/24). 

Dalam kegiatan tersebut juga dicetuskan program ASN Memilah Sampah dalam rangka memasifkan upaya penyelesaian persoalan sampah di Kota Depok.

"Mungkin nanti untuk menguatkan gerakan ini, Pak Wali Kota akan membuat keputusan setiap hari Jumat atau setiap hari bahkan semua ASN akan membawa sampahnya ke kantor," tutur Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat membuka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tingkat Kota Depok tahun 2024, Rabu (21/02/24).

Menurutnya, dengan langkah itu dapat menunjukkan semua ASN di Kota Depok sudah memilah sampah. Nanti tinggal disiapkan oleh DLHK Depok tempat penyetoran sampahnya.

"Karena sampah bukanlah musibah, tetapi merupakan suatu keberkahan. Temen-teman bank sampah itu sudah memanfaatkan bahwa sampah jadi berkah, bahkan bisa jadi sumber penghasilan," terangnya.

Sementara itu, Kepala DLHK Depok, Abdul Rahman mengatakan gerakan ASN Memilah Sampah tidak berdiri sendiri, tetapi juga akan menggandeng stakeholder lainnya. Salah satunya, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok.

"Berkaca dari gebrakan D'Sunting Menara atau Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Kota Ramah Anak yang sukses, kita akan gandeng Bunda Elly dan kader PKK-nya untuk melakukan gebrakan sampah," ungkap Abdul Rahman.

Langkah ke depan, DLHK Depok akan membuat station untuk melakukan pemilahan. Untuk jadwal penyetorannya akan menunggu koordinasi lebih lanjut.

"Jadi nanti setiap ASN yang datang mereka sudah membawa sampah organik dari rumah. Bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali, kita minta arahan pimpinan," tandasnya. (JD09/ED02)