Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

HPSN 2024, Bunda Elly: Momentum Baru Keterlibatan Semua

JD09 - berita depok
Kamis, 22 Februari 2024, 10:23 WIB
Ketua TP-PKK Depok, Elly Farida memberikan sambutan pada Peringatan HPSN tingkat Kota Depok Tahun 2024, Rabu (21/02/24). (Foto : JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 harus menjadi momentum untuk meningkatkan sinergisitas dan kepedulian terhadap penyelesaian persoalan sampah di Depok.

"Ini harus jadi momentum yang baru buat kita bahwa masalah sampah tidak cukup dikelola oleh bank sampah dan DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) saja, tetapi keterlibatan semua harus kita mulai," kata Bunda Elly, sapaan Ketua TP-PKK Depok, usai kegiatan Peringatan HPSN tingkat Kota Depok tahun 2024, Rabu (21/02/24).

Menurutnya, persoalan sampah harus menjadi tanggung jawab bersama. Begitu juga, proses penyelesaiannya harus dipikirkan bersama.

"Apalagi kota kita tercinta, Kota Depok ini mewakili dari wajah kita. Ini adalah prinsip hidup yang harus kita mulai, karena kebersihan sebagian dari iman. Harapannya akan ada gerakan-gerakan yang sustaineble," tuturnya.

Selain itu, ujar dia, TP-PKK Kota Depok sedang merancang gebrakan baru dalam hal pemilahan sampah. Tentunya, dengan melibatkan seluruh kader PKK yang ada di wilayah.

"Saat ini masih dirancang konsepnya hingga monitoring dan evaluasinya. Di mulai dari rumah-rumah PKK, mereka harus melakukan sesuatu," terang Bunda Elly.

Lanjut dia, penyelesaian sampah ini masalah mengubah pola pikir, tentunya, tidak semudah membalikan telapak tangan. 

"Mudah-mudahan segala sesuatu kebaikan pasti ada yang bergerak. Mungkin dari 100 ada mereka yang memiliki komitmen untuk melanjutkan dengan menggandeng DLHK dan bank sampah yang ada," tutup Bunda Elly. (JD 09/ED 02)