Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Hibur Anak-anak Korban Gempa, PMI Depok Adakan Kegiatan Pemulihan Pasca Bencana

JD 08 - berita depok
Jumat, 25 November 2022, 14:36 WIB
Relawan PMI Kota Depok menghibur anak-anak korban gempa Kabupaten Cianjur, di Desa Benjot Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11/22). (

berita.depok.go.id - Sebagai upaya meminimalisir trauma korban gempa Cianjur, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok melakukan program Pemulihan Pasca Bencana. Langkah tersebut dilakukan Depok bersama PMI dari kota/kabupaten lain, yang diikuti oleh anak-anak yang menjadi korban gempa.

“Program dukungan psikososial ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologi individu maupun masyarakat, agar mereka tetap berdaya. Terutama, saat mengalami krisis dalam situasi bencana maupun kecelakaan,” ujar Kepala Markas PMI Kota Depok Imron Maulana, Jumat (25/11/22).

Selain diikuti anak-anak, lanjut dia, program ini juga diberikan kepada kelompok masyarakat seperti remaja, dewasa dan lanjut usia (lansia), serta pekerja kemanusiaan. 

Adapun beberapa manfaat dari program pemulihan pasca bencana ini yaitu, membantu individu untuk mengurangi beban emosi. Dan mengembalikan fungsi sosial individu di dalam lingkungan.

“Lalu, kami meningkatkan kemampuan individu di dalam pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pasca bencana. Serta membantu para pekerja kemanusiaan untuk mengatasi masalah psikologis yang muncul akibat dari situasi yang dihadapi,” tutur Imron.

Sementara itu, Staf Posko Bencana PMI Kota Depok Ary Prasetio yang terlibat langsung di lokasi gempa Cianjur mengatakan, beberapa kegiatan yang dilakukan seperti games atau permainan. Lalu ada juga kegiatan dongeng, drama, tarian dan lain-lain.

“Kami berikan program pasca pemulihan ini di Desa Benjot Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Alhamdulillah, respons anak-anak sangat baik," ujarnya.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, bisa meringkankan trauma para korban gempa bumi Cianjur,” tutup Ary. (JD 08/ED 02/EUD02)