Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Harumkan Nama Depok hingga Tingkat Internasional, Ini Profil Pratik Murwatno

JD 03 - berita depok
Rabu, 7 Desember 2022, 15:41 WIB
News
Guru berprestasi Kota Depok, Pratik Murwatno. (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id- Predikat Kota Depok sabagai salah satu kota pendidikan tidak hanya sekedar slogan. Bukan hanya karena dikelilingi perguruan tinggi terkemuka, Kota Sejuta Maulid ini juga memiliki tenaga pengajar berprestasi, seperti yang ditunjukkan oleh Pratik Murwatno, guru olahraga dari SMA Dian Didaktika Cinere.

Lahir di Purbalingga pada 29 September 1971, Pratik Murwatno adalah warga Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Pancoran Mas. Dirinya belum lama ini berhasil meraih dua medali emas dan satu medali perak pada ajang Kuala Lumpur International Masters Atlhetics Championships 2022, Malaysia yang berlangsung 3-4 Desember 2022.

“Sejak tahun 1989 saya belajar di Sekolah Guru Olahraga (SGO), walaupun sebelumnya semasa kecil sudah jadi bolang atau anak kampung yang main apa saja. Selepas SGO saya dapat jalur undangan di Fakultas Olahraga / FPOK IKIP Jakarta sekarang UNJ, lulus Fakultas Olahraga dengan semi cumlaude dan menjadi wisudawan terbaik,” kata Pratik Murwatno kepada berita.depok.go.id, Rabu (07/12/22)

Praktik bercerita, sejak SGO dirinya memang sudah menggeluti olahraga atletik. Di bangku kuliah, ia juga sudah sering menjuari berbagai perlombaan atletik seperti Pekan Olahraga Nasional dan sebagainya, Bukan hanya atletik, dirinya juga pernah menjuarai Masters Swimming Championship serta lomba tenis lapangan.

“Saya sejak tahun 2004 jadi guru, tapi sebelumnya saya juga pelatih tenis, pelatih renang di pusat kebugaran, mendirikan bimbel olahraga dan menangani beberapa kegiatan ekstrakulikuler di beberapa sekolah,”ungkapnya.

Hingga saat ini, Praktik telah meraih sekitar 52 penghargaan. Untuk perlombaan resmi tingkat nasional dirinya telah meraih 10 medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu. Sedangkan tingkat internasional ia menorehkan 13 medali emas, tujuh medali perak, dan tiga medali perunggu.

Tak hanya itu, Praktik juga telah beberapa kali mendapat penghargaan. Antar lain Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia, PGRI Award dan menjadi guru terbaik sebanyak 4 kali dari Wali Kota Depok. Termasuk, penghargaan Anugerah Kreatifitas dan Dedikasi Guru yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Sebelum Kuala Lumpur International Masters Atlhetics Championships 2022, pada Oktober tepatnya di hari Sumpah Pemuda di Jogyakarta, saya mendapat empat medali emas Indonesia Open Masters Athletics Championship 2022 dan penghargaan Guru Berprestasi dari Pemerintah Depok di HGN 22 pada 15 November lalu,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, berbagai prestasi yang telah diraih merupakan upaya dirinya untuk menjadi pendidik terbaik untuk anak-anak di Kota Depok. Berbagai cabang olahraga yang digelutinya, selain untuk menjaga kesehatan dan pengembangan diri, juga meningkatkan rasa nasionalisme dan kebanggannya menjadi warga negara Indonesia, serta dapat mencetak siswa dan siswi yang berprestasi.

“Semoga saya dapat menjadi pendidik yang berguna, bermanfaat dan hidup penuh keberkahan. Semangat saya dan motivasi terbesar saya adalah agar ilmu saya bermanfaat bagi anak anak saya dan anak didik saya, bisa menjadi contoh untuk menginspirasi pendidik dan para generasi muda Indonesia,” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD02)