Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Hari Raya Waisak 2568 BE, Umat Buddha Khidmad Ibadah di Vihara Gayatri Depok

JD09 - berita depok
Kamis, 23 Mei 2024, 17:32 WIB
Umat Buddha melakukan penghormatan kepada patung Buddha sekaligus berdoa pada Hari Raya Waisak di Vihara Gayatri, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kamis (23/05/24). (Foto : Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Hari raya Waisak adalah hari besar bagi agama Buddha di seluruh dunia. Momen istimewa ini ialah untuk memperingati tiga peristiwa besar dalam kehidupan Siddhartha Gautama, Buddha, yaitu kelahiran, pencerahan, dan wafatnya.

Perayaan Hari Raya Waisak 2568 Buddhis Era (BE) Tahun 2024 di Kota Depok sendiri berjalan dengan penuh khidmat. Umat Buddha silih berganti mendatangi Vihara Gayatri, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, untuk memberi penghormatan kepada patung Buddha, berdoa dan melakukan kebaktian.

Pengurus Vihara Gayatri, Parman menuturkan untuk saat ini umat Buddha melakukan ibadah secara mandiri. Sebab, para Biksu atau Bhante masih melakukan ibadah di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

"Nanti setelah para biksu selesai dari sana, baru kami melakukan kebaktian bersama," terang Parman kepada berita.depok.go.id, Kamis (23/05/24).

Direncanakan, kebaktian bersama Umat Buddha di Vihara Gayatri akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2024, mendatang. 

Ia pun berharap, di Hari Raya Waisak ini semua dapat berjalan dengan baik dan dipenuhi kebahagiaan bagi semua makhluk.

"Semoga di Hari Raya ini, semua berjalan dengan baik, dipenuhi kebahagiaan, sesuai dengan ajaran Buddha. Semua makhluk hidup berbahagia bisa saling menyayangi dan mengasihi," tutup dia. (JD 09/ED 01).