Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Hari Kesaktian Pancasila, Abdul Mutolib Sebut Momen Hayati dan Amalkan Nilai Pancasila

JD09 - berita depok
Selasa, 3 Oktober 2023, 0:59 WIB
Camat Tapos, Abdul Mutolib. (Foto : JD01/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Camat Tapos, Abdul Mutolib menyebutkan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober harus menjadi momentum penting untuk lebih menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Khususnya, dalam berbagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Abu, sapaan akrabnya, menuturkan, tentu tidak mudah dalam melakukan hal tersebut, tetapi juga tidak sulit sepanjang semua mau berikhtiar atau berusaha.

Menurutnya, Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara adalah kesepakatan bersama.

"Karena itu pengamalanannya harus bersama-sama juga, tidak efektik jika hanya dilaksanakan orang per orang, pengamalan Pancasila tidak bisa sendiri-senidiri tetapi harus bersama-sama," ucap dia, Senin (02/10/23).

Bersama menjadi bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Kemudian juga, menjunjung tinggi nilai persatuan Indonesia, nilai-nilai demokrasi dan nilai-nilai keadilan sosial.

"Sebagai manusia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila tentu sikap, perkataan, perbuatan, narasi yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila harus kita hindari," kata Abu.

"Jangan sampai ada di antara kita yang menganggap dirinya pembela Pancasila atau paling pancasilais, perilakunya malah bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang luhur," pungkas Abu. (JD09/ED02)