Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Hanya Butuh Waktu 20 Menit, Petugas Damkar Berhasil Evakuasi Ular Sanca di Limo

JD10 - berita depok
Jumat, 27 Januari 2023, 15:35 WIB
Petugas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok saat menangkap ular di Limo. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengevakuasi seekor ular sanca yang masuk ke pemukiman warga di Jalan Arsad RT 03 RW 02 Nomor 78, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo Jumat (27/01/23) dini hari. Petugas hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk mengevakuasi hewan liar tersebut. 

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya menerima laporan pukul 01.50 WIB. Kemudian, pihaknya langsung bergerak cepat ke lokasi guna melakukan evakuasi.

"Berkat ketangkasan tiga petugas dari unit ranger UPT Cinere tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menangkap ular tersebut, pukul 02.20 WIB ular berhasil ditangkap," katanya kepada berita.depok.go.id, Jumat (27/01/23).

Dirinya menuturkan, ular memiliki panjang kurang lebih tiga meter diamankan di salah satu rumah yang sudah tidak berpenghuni. pihaknya menggunakan sejumlah peralatan. Antara lain grab hook, grab stick, sarung tangan, dan pelindung mata.

"Untuk sementara, ular dibawa ke kantor UPT Cinere," tuturnya.

Welman pun mengingatkan kepada warga Depok apabila ada ular di sekitar rumah atau lingkungannya agar jangan diganggu atau mencoba menangkap sendiri. Apalagi kalau tidak memiliki keahlian untuk mengatasi ular.

“Diamkan saja sambil tetap diperhatikan gerakannya, sehingga ketika petugas Damkar sampai di lokasi dapat diinformasikan posisi ular terakhir," tuturnya.

"Kemudian, bisa langsung telepon ke Damkar di nomor 021-77827280 atau lewat Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112,” tandasnya. (JD 10/ED 02/EUD03)