Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Gedung Baru Kelurahan Tapos Bakal Angkat Kearifan Arsitektur Lokal

JD09 - berita depok
Rabu, 29 November 2023, 22:58 WIB
Desain Gedung Baru Kantor Kelurahan Tapos. (Foto : dok. Kelurahan Tapos)

berita.depok.go.id - Kantor Kelurahan/Kecamatan Tapos akan direnovasi total pada tahun 2024. Rencananya, gedung pemerintah tersebut bakal dibangun baru di atas lahan seluas 5.133 meter persegi dengan mengangkat sujumlah kearifan lokal.

“InsyaAllah akan direnovasi tahun depan. Untuk waktu pengerjaannya masih menunggu hasil lelang,” tutur Lurah Tapos, Soleh kepada berita.depok.go.id, Rabu (29/11/23).

Dikatakannya, kantor Kelurahan Tapos yang akan dibangun terdiri dari dua lantai. Adapun lantai pertama untuk ruang pelayanan, ruang lurah, ruang sekretaris kelurahan, gudang, ruang para staf, pojok ramah anak dan lainnya.

“Lantai satu bakal ada 23 tempat yang bakal di isi, termasuk ruang untuk UMKM Kelurahan Tapos,” ucapnya.

Sedangkan lantai dua, sambung Soleh, berupa ruang-ruang mitra kelurahan, seperti ruang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), ruang Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau Dewan Masjid Indonesia (DMI) kelurahan hingga ruangan Karang Taruna Kelurahan Tapos.

“Nantinya saat renovasi berlangsung, lokasi pelayanan akan dipindah sementara, tetapi lokasinya belum ditentukan," terangnya.

Menurut Soleh, untuk konsep desain dalam perencanaan bangun gedung diharuskan untuk mengikuti prototipe yang sudah ada. Dengan menggunakan ciri khas utama, yaitu penggunaan tipologi bangunan pada bentuk atapnya.

“Prototipe tersebut juga menonjolkan filosofi Tiga Pilar yang menjadi penopang utama, pelaksanaan pembangunan di Kota Depok,” ujarnya.

Kemudian, bentuk atap yang akan digunakan pada kantor Kelurahan Tapos, nantinya memakai modifikasi dari bentuk atap julang ngapak. Yang merupakan bentuk atap yang umum digunakan pada arsitektur tradisional Sunda.

“Alternatif suscreen dengan mengambil inspirasi dari ragam hias yang berkembang di Kota Depok seperti, antara lain Gong Si Bolong, Ikan Manfish ataupun Belimbing Dewa yang merupakan ikon budaya Depok,” ucap dia.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Tapos, Jumali menjelaskan dalam proses renovasi yang akan dilakukan Kelurahan Tapos, merupakan salah satu dorongan dari Wali Kota Depok, Mohammad Idris agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat.

“Ini juga sebagai amanah yang diberikan kepada Wali Kota Depok, untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat, dengan melakukan renovasi Kantor Kelurahan Tapos,” ungkapnya.

Jumali mengatakan, Kelurahan Tapos yang menjadi tuan rumah di Kecamatan Tapos, pastinya akan ada konsep dan desain yang berbeda dalam bentuk bangunan kantor kelurahan, salah satunya terkait luas.

“Karena kami juga memiliki taman kelurahan yang menyatu dengan kantor kelurahan. Nantinya ini kami akan manfaatkan dan kami ikut revitaliasi, agar bisa menjadi ikon pada Kantor Kelurahan Tapos,” ucapnya.

Jumali berharap, agar semua proses pembangunan kantor kelurahan baru bisa berjalan dengan lancar. Agar pada awal tahun bisa segera dilaksanakan, hingga selesai dengan cepat dan bisa dirasakan manfaat oleh masyarakat.

“Semoga proses lelang ini cepat hingga bisa dikerjakan awal tahun, sehingga bisa dirasakan manfaat dengan cepat oleh masyarakat,” tutup dia. (JD 09/ED 02)