Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Gandeng Masyarakat, Kelurahan Cinere Lakukan Pemetaan Keluarga dan Lingkungan Rawan KDRT

JD10 - berita depok
Selasa, 22 November 2022, 19:15 WIB
Suasana sosialisasi pemetaan pemetaan keluarga atau lingkungan rawan kekerasan dalam rumah tangga di kelurahan cinere. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Kelurahan Cinere terus berupaya melakukan penghapusan terhadap Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di wilayahnya. Salah satunya dengan melakukan pemetaan keluarga atau lingkungan rawan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan menggandeng masyarakat.

Lurah Cinere, Pupung Purwawijaya mengatakan, kegiatan pemetaan ini bertujuan untuk mencegah agar tindak KDRT tidak terjadi lagi.  Karena itu, pemetaan wilayah rawan kasus kekerasan rumah tangga harus dilakukan agar saat ditemukan kasus kekerasan warga sudah tahu dan mengerti cara menanganinya

"Ini lebih ke upaya pencegahan agar tidak ada kejadian KDRT di lingkungan," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (22/11/22).

Dijelaskannya, warga diberikan penyuluhan terkait pencegahan dan penanganan jika terjadi KDRT oleh narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok. Masyarakat dapat berkoordinasi dengan Satgas Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) saat mendengar atau melihat potensi terjadinya kekerasan.

"Jika kita sudah tahu alurnya jangan takut untuk melapor dan memberi tahu satgas dan Ketua RW agar segera mendapatan penanganan," jelasnya.

Lebih lanjut, ujar dia, penyuluhan dihadiri 50 orang peserta dari unsur RT-RW, Satgas PKDRT, kader dan Karang Taruna. Yang diadakan di aula kantor Kelurahan Cinere.

"Semoga kegiatan ini bisa mencegah tindakan KDRT di masyarakat," tutupnya. JD (10/ED02/EUD02)