Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Fungsi Kelitbangan di Depok Menarik Dipelajari Kota Cirebon

JD 05 - berita depok
Jumat, 25 November 2022, 8:53 WIB
Foto: JD 05/Diskominfo Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana memberikan cinderamata kepada Kepala Bappelitbangda Kota Cirebon, Agus Herdiana usai menerima kunjungan kerja Bappelitbangda Kota Cirebon, di Gedung Dibaleka 1, Kamis (24/11/2022).

berita.depok.go.id – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cirebon melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Depok. Kunker diterima langsung oleh Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana dan jajarannya.

Kepala Bappelitbangda Kota Cirebon, Agus Herdiana mengatakan, salah satu tugas kelitbangan adalah riset atau penelitian. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, menurutnya, sudah menerapkan fungsi kelitbangan tersebut dengan baik.

"Kami lihat Depok ini luar biasa, inovasinya banyak sekali. Walaupun usia kotanya belum ratusan, masih puluhan tapi kemajuannya luar biasa, jadi Kota Depok adalah tempat yang paling pas untuk belajar," katanya kepada berita.depok.go.id, usai kunker ke Kota Depok, Kamis (24/11/22).

Agus menerangkan, salah satu tugas bidang Litbang adalah melakukan riset. Riset-riset yang dilakukan oleh peneliti digunakan oleh Pemkot Depok dalam mengambil kebijakan.

"Kami siap mereplikasi semua metode kerja Bappeda Depok, terutama bagaimana seluruh aspek pekerjaan yang berkaitan dengan masalah kelitbangan dan kajian apapun itu, bisa dihasilkan dengan sangat sempurna," papar Agus.

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana menuturkan, pihaknya menyambut baik kedatangan Bappelitbangda Kota Cirebon untuk belajar tentang kelitbangan. Ada beberapa inovasi yang telah dihasilkan Kota Depok, yaitu Kongko Pembangunan, Teman Litbang dan lainnya.

Dadang menjelaskan, untuk mengisi indeks inovasi daerah, Bappeda Depok memiliki aplikasi Teman Litbang dan telah mengadakan Anugerah Inovasi Perangkat Daerah (AIPD) yang baru pertama kali dilakukan pada tahun ini.

"Kami berharap setiap daerah tentunya terus melakukan open government, kita harus dapat melihat kelebihan pada diri kita dan bisa kita transfer ke orang lain, juga sebaliknya," tandasnya. (JD 05/ED 02/EUD02)