Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

FPTI Depok Lakukan Pemusatan Latihan di Area Wall Climbing Alun-Alun

JD 03 - berita depok
Rabu, 5 Oktober 2022, 12:55 WIB
News
FPTI menggelar latihan terpusat di Alun- Alun Kota Depok, Grand Depok City (GDC), Cilodong. (Foto: Istimewa).

berita.depok.go.id- Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Depok saat ini tengah menggelar latihan terpusat di Area Wall Climbing Alun-Alun Kota Depok. Latihan akan dilakukan selama satu bulan, terhitung mulai 3 Oktober hingga 4 November 2022.

Ketua Harian FPTI Kota Depok, Veny Apriola mengatakan, latihan dilakukan untuk semakin memantapkan persiapan tanding di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XIV Jawa Barat. Pihaknya akan mengirimkan tiga atlet andalannya pada gelaran Porprov di SOR Panjat Tebing Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada 8 sampai 17 November mendatang.

“Untuk kategori yang akan dipertandingkan itu seperti speed classic perorangan putra/putri, Lead perorangan putri dan Speed WR perorangan putri. Kemudian, Boulder perorangan putri, Speed WR mix, Combined putra dan Dyno putra/putri," jelasnya kepada berita.depok.go.id Rabu (5/10/22).

Dirinya menambahkan, pelatihan ini akan menggunakan fasilitas wall climbing di Alun-alun Kota Depok. Pihaknya, berharap dalam proses pelatihannya, bisa mendapat dukungan dari masyarakat. 

"Indonesia telah menunjukan potensi kelas dunia dengan menjadi juara 1 dan 2 world cup di kategori Speed WR yang baru saja diselenggarakan oleh International Federation of Sport Climbing (IFSC) dan FPTI Pusat tanggal 24 - 26 September 2022 di SCBD, Jakarta. Artinya Indonesia siap bersaing di kelas dunia," jelasnya.  

Veny juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Depok dan KONI Kota Depok karena semakin memperhatikan keberadaan para atlet panjat tebing. Ia berharap sarana panjat tebing terus ditambah jumlahnya. 

Sebab, imbuhnya, dengan semakin lengkapnya sarana yang berskala skala nasional dan internasional, maka para atlet dapat mengembangkan fisiknya. Terutama, memory muscle dan logika penyelesaian masalah saat mereka menghadapi route atau jalur tanding. 

"Satu atlet dapat memiliki banyak peluang mendali karena banyak kategori yang dapat diikuti. Kami berharap FPTI dapat memberikan kontribusi kepada Kota Depok, khususnya dalam mencetak para atlet panjat tebing yang berprestasi,” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD02)