Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Forum Ekonomi Diharapkan Berikan Rasa Aman Bagi Masyarakat Saat Membeli Produk Hewani

JD10 - berita depok
Rabu, 15 Mei 2024, 18:13 WIB
Asisten Ekbang Kota Depok, Mohammad Fitriawan (Kedua dari kiri) saat membuka Forum Ekonomi Kota Depok. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Mohammad Fitriawan berharap pelaksanaan Forum Ekonomi dapat memberikan banyak fasilitas bagi para pengusaha yang bergerak di bidang pemotongan hewan.

Sehingga dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang hendak mengkonsumsi produk-produk hewani yang dijual.

"Mudah-mudahan kedepannya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dapat memberikan banyak fasilitas bagi pihak-pihak yang menyelenggarakan pemotongan hewan agar bisa lebih baik lagi dari sisi kehigienisan dan kehalalannya," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (15/05/24).

Dikatakannya, Pemerintah Kota Depok terus melakukan upaya-upaya dalam bentuk fasilitas dan pengawasan produk yang halal dan aman. Dengan cara mengatur tempat pemotongan hewan, alat yang digunakan maupun cara penyembelihannya.

"Maka dari itu kita coba kumpulkan berbagai stakeholder untuk mendapatkan wawasan dan materi yang akan bisa kita rumuskan menjadi Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait produk halal dan aman ini," katanya 

Dirinya menjelaskan, usai mendapatkan sosialisasi nantinya rumah pemotongan hewan akan diuji sertifikasi. Apakah segala proses penyembelihannya sudah benar dengan cara yang halal, begitupun dengan cara penyimpanannya.

"Mereka akan diuji oleh Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) sebagainotoritas resmi, jika sudah sesuai maka akan mendapatkan sertifikat," jelasnya 

"Kami sebagai pemerintah hanya sebagai hanya banyak berkecimpung dalam proses pengawasan dalam artian memberikan pembinaan bersama perangkat dinas terkait," tutupnya. (JD 10/ ED 01)