Pemerintah Kota Depok menggelar ibadah Salat Jumat bagi Aparatur Sipil Negara dan warga di sekitar Masjid Balai Kota Depok, Jumat (05/06/2020). (JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id-Setelah kurang lebih sepuluh pekan tidak menyelenggarakan salat berjemaah akibat pandemi Covid-19, hari ini Masjid Baitul Kamal Balai Kota dibuka kembali untuk ibadah Salat Jumat. Meski demikian, kegiatan peribadatannya diselenggarakan dengan standar protokol yang cukup ketat.

“Sudah kami siapkan semuanya sesuai protokol kesehatan. Seperti, pengecekan suhu tubuh, mengatur jarak serta mengurangi kapasitas jemaah,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Sekretariat Kota Depok, Eka Firdaus, di Balai Kota, Jumat (05/06/20).

Diakuinya, pihaknya juga telah menempatkan beberapa petugas di setiap pintu masuk masjid. Para petugas ini bertugas untuk mengukur suhu tubuh jemaah dan membagikan masker.

“Alhamdulillah, salat Jumat pertama ini berjalan kondusif dan semua jemaah tertib,” terangnya.

Senada dengan itu, salah satu jemaah yang juga Kepala Bidang Pajak Daerah II Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Muhammad Reza mengapresiasi pengurus masjid yang telah menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat. Menurutnya, hal ini penting untuk meminimilasir penyebaran Covid-19.

Dia menambahkan, setiap jemaah wajib memakai masker dan diperiksa suhu tubuhnya saat memasuki masjid. Selain itu, posisi antar jemaah juga diatur dengan jarak satu meter.

“Kutbah Jumat juga dipersingkat dan saat keluar tertib tidak bergerombol. Jadi ini sudah cukup baik. Semoga masyarakat Depok dapat mematuhi, agar salat berjemaah di masjid bisa terus dilaksanakan,” tutupnya. (JD 08/ED 01)

YOUR REACTION?