Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dukung Proses BDR, Diskominfo Depok Perkuat Sinyal WiFi di 74 Titik

JD 05 - berita depok
Senin, 31 Agustus 2020, 15:15 WIB

Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono. (Foto: JD 04/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok akan menambah daya jangkauan WiFi gratis yang terpasang di 74 titik  di 11 kecamatan. Langkah ini sebagai upaya pemerintah dalam mendukung proses Belajar Dalam Jaringan (BDR) yang kini sedang dilakukan oleh seluruh pelajar.

"Rencananya, ada 74 titik yang kami fasilitasi regional WiFi secara merata di 63 Kelurahan dan 11 Kecamatan," ujar Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono kepada berita.depok.go.id, Senin (31/08/2020).

Dirinya menjelaskan, saat ini pengajuan penambahan alat perluasan sinyal tersebut sedang dalam pembahasan Badan Anggaran DPRD Kota Depok. Supaya dapat segera digunakan, alat tersebut akan dipasang di titik-titik WiFI yang sebelumnya telah dipasang Diskominfo.

Lebih jauh, menurut Sidik, sinyal WiFi dapat mencakup radius 360 derajat atau sekitar 200 meter dari titik pemasangan WiFi. Dengan kecepatan sinyal mencapai 100 MBps.

"Fasilitas WiFi gratis ini dapat dipakai oleh 400-600 orang dari mulai tingkat SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) untuk dapat mengaksesnya," jelasnya.

Sidik menuturkan, pihaknya akan segera mengoperasikan daya tambah internet gratis tersebut. Rencananya, diuji coba pada tiga bulan pertama, yakni Oktober, November, hingga Desember.

"Nanti akan berlanjut uji coba kedua pada Januari sampai Maret 2021, karena kami teken kontrak dengan pihak provider untuk enam bulan," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)