Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

DPUPR Terjunkan Satgas Atasi Longsor Kali Sugutamu

JD 08 - berita depok
Rabu, 7 Juni 2023, 16:18 WIB
Satgas DPUPR Kota Depok melakukan penanganan longsor di Kali Sugutamu, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (07/06/23).

berita.depok.go.id - Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok diturunkan untuk melakukan penanganan longsor di Kali Sugutamu, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, tepatnya di belakang SDN 29 Mekarjaya.

Saat ini penanganan dilakukan dengan pengangkatan material longsor, akan dilanjut dengan pembuatan turap.

“Begitu mendapat laporan hari ini, kami langsung terjunkan satgas yang terdiri dari satu regu atau 10 personel untuk melakukan penanganan. Saat ini penanganan dilakukan dengan pengangkatan material longsor dan masih terus berlanjut," kata Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Rabu (07/06/23).

Dikatakannya, longsor memiliki tinggi 1,5 meter dan panjang 8 meter. Penyebab longsor, karena intensitas hujan tinggi, sehingga struktur tanah dan bebatuan bergerak ke tempat yang lebih rendah.

Dalam peristiwa tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa, namun longsoran menutupi aliran Kali Sugutamu.

"Pekerjaan ini menggunakan anggaran pemeliharaan, tidak ada target. Yang jelas harus sampai selesai. Kami juga kerahkan satu unit dumptruck," ungkapnya.

Citra berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi beberapa hari ke depan. Utamanya waspada terhadap potensi keretakan tanah yang bisa menimbulkan longsor. 

"Cuaca ekstrem masih akan terus terjadi beberapa hari ke depan. Maka, kami minta masyarakat untuk melapor jika ada potensi longsor ataupun banjir di wilayah masing-masing," katanya.

Masyarakat Depok bisa melaporkan peristiwa kebencanaan ke Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Dan juga bisa datang langsung ke Kantor Dinas PUPR yang berada di Jalan Raya Bogor Km 34,5, maupun via twitter di @DinasPUPR atau di nomor 082311835135.

"Nanti tim kami yang akan mengecek dan menindaklanjuti,” ujar Citra.

Sementara itu, Koordinator Satgas Lapangan DPUPR Kota Depok Saiman mengaku, pihaknya bersama satgas lainnya siap melakukan penanganan longsor maupun banjir 24 jam.

"Kami siap melakukan penanganan jika dibutuhkan dan ditugaskan. Untuk kegiatan yang sifatnya darurat, satgas akan turun lapangan langsung," pungkasnya. (JD 08/ED 02/EUD 04)