Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

DPUPR Imbau Masyarakat Buat Sumur Resapan

JD 08 - berita depok
Rabu, 19 Februari 2020, 10:40 WIB

Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi (Foto istimewa)

berita.depok.go.id- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengimbau masyarakat untuk membuat sumur resapan di halaman rumah masing-masing. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga ketersediaan air tanah dan mencegah banjir.

“Minimal satu rumah membuat dua titik sumur resapan. Satu titik bisa di halaman depan dan satu titik lagi di halaman belakang atau tempat manapun yang tersedia di rumah,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Dadan Rustandi, di Balai Kota, Rabu (19/02/20).

Dikatakannya, masyarakat bisa membuat sumur resapan dengan kedalaman 2-3 meter.  Lubang harus dibuat persis di bawah talang air untuk menampung air ketika hujan.

Dadan menyebut, keberadaan air hujan terserap ke dalam tanah, dapat bermanfaat ketika musim kemarau tiba. Sebab, sumur resapan menyimpan cadangan air di bawah tanah, yang nantinya masuk ke dalam  sumur  artesis atau  sumur yang biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

"Adanya  sumur  resapan, memberikan banyak manfaat ketika kemarau tiba.  Selain itu, bisa mencegah terjadinya banjir saat musim hujan, karena air bisa meresap langsung ke dalam tanah. Idealnya setiap bangunan seluas 50 meter memiliki satu  sumur  resapan," tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD 02)