Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

DPUPR Depok Lakukan Normalisasi Saluran Tersier Kali Cabang Tengah Pondok Jaya

JD 08 - berita depok
Kamis, 26 Januari 2023, 14:26 WIB
DPUPR Kota Depok, melakukan normalisasi Saluran Tersier Kali Cabang Tengah, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kamis (26/01/23).

berita.depok.go.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, hari ini mulai melakukan normalisasi Saluran Tersier Kali Cabang Tengah, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung. Upaya ini dilakukan agar fungsi penyerapan air bisa lebih maksimal, sehingga dapat mencegah banjir saat musim penghujan.

"Kami normalisasi Saluran Tersier Kali Cabang Tengah yang berada di Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung. Kegiatan ini dilakukan untuk memaksimalkan penyerapan air. Karena kali ini sudah sangat dangkal akibat tumpukan sedimen lumpur dan sedimen pasir," ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Kamis (26/01/23).

Dikatakannya, pengerjaan dilakukan sepanjang kurang lebih 400 meter. Yang akan berlanjut sampai kali berfungsi secara optimal. Pihaknya juga mengirimkan satu regu satuan tugas (satgas) yang terdiri dari 10 personel.

"Selain satgas, kami juga menggunakan alat berat berupa satu unit spider dan dua unit dump truck. Satgas akan angkat sedimen pasir, lumpur juga sampah hingga benar-benar bersih," terangnya.

Citra pun berharap, upaya ini bisa mencegah terjadinya banjir, terutama saat musim hujan. Dia juga meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Kebersihan harus dijaga bersama. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak bisa bekerja sendiri. Semoga upaya normalisasi ini bisa memaksimalkan fungsi penyerapan dan aliran air menuju hilir," tutupnya. (JD 08/ED 02/EUD03)