Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

DLHK Kota Depok Barcode Pohon di Sepanjang Margonda-Juanda

JD 08 - berita depok
Senin, 21 November 2022, 16:52 WIB
Petugas DLHK Kota Depok tengah melakukan pemasangan barcode pada pohon di Jalan Juanda, Minggu (20/11/22). (Foto : istimewa)

berita.depok.gp.id - Upaya pendataan pohon dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dengan memasang barcode. Untuk saat ini, DLHK fokus memasang barcode pada pohon yang berada di Jalan Margonda dan Jalan Juanda.

“Ya benar, sudah sepekan kami melakukan pemasangan barcode untuk pohon yang berada di Jalan Margonda dan Juanda. Hal ini untuk pendataan jumlah pohon yang ada di Kota Depok,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Indra Kusuma, Senin (21/11/22).

Selain untuk pendataan pohon, lanjut dia, upaya tersebut juga sebagai edukasi agar masyarakat mengetahui nama maupun jenis pohon. Serta manfaatnya sebagai penghasil oksigen.

“Kami sudah pasang barcode di 1.500 pohon. Adapun, jika masyarakat scan barcode ini akan ada informasi di antaranya nama pohon, nama ilmiah, umur maksimal pohon, tinggi maksimal, daya serap CO2, lokasi pohon dan kode pohon untuk pendataan,” terangnya.

Indra berharap, masyarakat bisa menggunakan barcode yang sudah terpasang untuk tujuan edukasi. Dia juga meminta masyarakat agar dapat merawat serta melestarikan lingkungan, bukan menebang pohon.

“Pohon, merupakan suatu pondasi alam yang menyediakan dan mengendalikan berbagai kebutuhan manusia seperti, menjaga kualitas udara agar tetap baik ketika dihirup oleh manusia dan menjaga air dalam tanah," jelasnya.

"Untuk itu kami minta agar masyarakat bisa ikut menjaga dan melestarian lingkungan,” tutupnya. (JD 08/ ED 02/EUD02)