Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

DLHK Gandeng Bank Sampah Harum Olah Sampah APK Pemilu 2024

JD09 - berita depok
Kamis, 22 Februari 2024, 11:17 WIB
Petugas DLHK Depok mengumpulkan sampah APK Pemilu 2024. (Foto : dok. DLHK)

berita.depok.go.id - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengolah sampah Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Sampah tersebut diolah agar tak menumpuk dan tidak akan dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

DLHK Depok menggandeng Bank Sampah Induk Harum dalam melakukan pengolahannya.

Menurut Kepala DLHK Depok, Abdul Rahman, ini merupakan komitmen dan peran aktif Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam melaksanakan pengolahan sampah Pemilu 2024. Upaya ini dilakukan guna mewujudkan pemilu yang ramah lingkungan.

"Kami melakukan pengolahan sampah agar tidak terjadi timbunan sampah dari pelaksanaan pemilu serta mencegah dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (21/02/23).

Dikatakan Abdul Rahman, langkah tersebut juga sejalan dengan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor 3 Tahun 2024 tentang Pengolahan Sampah yang Timbul dari Penyelenggraan Pemilu Tahun 2024.

"Pak Wali sebelumnya juga sudah mengimbau agar DLHK memfasilitasi, melaksanakan dan mengawasi penanganan sampah yang timbul dari Pemilu 2024. Seperti, stiker, poster, reklame, spanduk dan umbul-umbul," terangnya.

Lanjut Abdul Rahman, pengumpulan sampah dilakukan oleh DLHK, Satpol PP, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Aparatur Kecamatan dan Kelurahan, TNI-Polri beserta warga masyarakat berkolaborasi menciptakan Kota Depok bebas dari APK.

Dari pengumpulan tersebut, sampah yang didapatkan sekitar 6 ton. Sampah ini akan diolah dan tidak akan dibuang ke TPA Cipayung.

"Semua pihak bersama masyarakat bahu membahu kembali merapikan Kota Depok agar lebih cantik dipandang," tutup Abdul Rahman. (JD09/ED02)