Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

DKM se-Kecamatan Cipayung Dilatih Cara Sembelih Kurban Sesuai Syariat Islam

JD 05 - berita depok
Senin, 5 Juni 2023, 16:48 WIB
Foto: JD 05/Diskominfo Para ketua dan pengurus DKM se-Kecamatan Cipayung mengikuti pelatihan manajemen dan tata cara penyembelihan hewan kurban, di Aula Kantor Kecamatan Cipayung, belum lama ini.

berita.depok.go.id - Menjelang Iduladha 1444 Hijriah yang jatuh 29 Juni 2023, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Kecamatan Cipayung mulai melakukan sejumlah persiapan. Belum lama ini, mereka dilatih manajemen dan tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam.

Camat Cipayung, Hasan Nurdin menjelaskan, dalam proses penyembelihan hewan kurban tidak bisa dianggap sepele. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan penyembelihan hewan sesuai dengan tuntunan, agar daging yang dihasilkan sehat dan halal.

"Pelatihan ini untuk menyiapkan juru sembelih halal yang sudah memahami teori serta terampil praktik penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam," jelas Hasan kepada berita.depok.go.id, Senin (05/06/23).

Sebanyak 55 ketua dan pengurus DKM mengikuti pelatihan manajemen dan tata cara penyembelihan hewan kurban, pekan lalu. Narasumber kegiatan ini adalah Dakwah Sembelih Halal (DSH).

Sementara itu, Ketua DSH Kota Depok, Denis Iskandar menuturkan, pihaknya mengajarkan DKM cara sembelih halal dari mulai mengidentifikasi hewan yang layak dijadikan kurban sampai daging siap untuk didistribusikan kepada masyarakat.

"Menyembelih hewan kurban itu tidak mudah, harus tahu tata caranya. Selain teori fiqihnya kami juga ajarkan cara perebahan hewan yang benar sampai distribusinya," pungkas Denis. (JD 05/ED 02/EUD 04)