Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Ditandai Pemukulan Bedug, Pj Gubernur Jabar Buka MTQ ke-38 di Kabupaten Bekasi

JD10 - berita depok
Senin, 29 April 2024, 6:26 WIB
Pj Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin saat memberikan sambutan pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jabar di Plaza Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Minggu (28/4/24) malam. (Foto: Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Triadi Machmudin resmi membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jabar di Plaza Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Minggu (28/4/24) malam.

Peresmian ditandai dengan pemukulan bedug secara bersamaan oleh Bey Triadi Machmudin, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Jabar, Dodo Suhendar, Pj Bupati Kabupaten Bekasi, Dani Ramdan dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agara (Kemenag) Provinsi Jabar, Ajam Mustajam yang dilanjutkan dengan tampilan Laser Synchronization, Visual Effect dan Atraksi Lighting.

"MTQ merupakan peristiwa yang sangat berharga dimana kita dapat mengapresiasi dan merayakan keindahan serta keagungan Al-Qur'an serta menghormati para qori dan qoriah yang berkompetisi dalam mempersembahkan bacaan yang indah," ujarnya saat memberikan sambutan pada acara pembukaan MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jabar.  

Dirinya menuturkan, selain menjadi ajang untuk menghormati kandungan Al-Qur'an, MTQ juga menjadi simbol kecintaan umat Islam terhadap kitab sucinya serta menjadi wadah untuk memelihara dan menyebarkan nilai-nilai agama yang luhur. 

Dengan diselenggarakannya MTQ ini umat Islam dapat memperkaya pengalaman keagamaan, memperdalam pemahaman serta memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT.

"Al-Quran adalah sumber inspirasi dan pedoman bagi seluruh umat manusia dalam menjalankan kehidupan yang penuh makna dan berkah," jelasnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kota Depok, Gandara Budiana mengungkapkan, acara pembukaan MTQ kali ini berlangsung cukup meriah, menjadi suatu pentas yang luar biasa.

Menampilkan tarian-tarian nasional nusantara secara kolosal dan dikaitkan dengan keagamaan.

"Alhamdulillah ini suatu pentas yang luar biasa yang disiapkan oleh panitia. Tadi secara kolosal memang disampaikan tarian-tarian nasional nusantara dan yang berkaitan dengan keagamaan," ungkapnya.

Dirinya pun optimis pada MTQ tahun ini Kota Depok bisa memberikan hasil yang terbaik.

Sebab, untuk mengikuti ajang ini Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sudah melakukan persiapan yang semaksimal mungkin.

"Optimis kita mendapatkan hasil yang terbaik. Mudah-mudahan ada cabang lomba yang bisa mendapatkan hasil yang optimal," tutupnya. (JD 10/ED 01).