Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Diskominfo Dampingi Kecamatan Sawangan Selesaikan Sengketa Informasi

JD 03 - berita depok
Selasa, 18 Februari 2020, 18:29 WIB

Diskominfo Kota Depok mendampingi Kecamatan Sawangan dalam penyelesaian sengketa informasi oleh KIP Jabar, (Foto: JD03/Diskominfo)

berita.depok.go.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok memberikan pendampingan kepada Kecamatan Sawangan dalam menyelesaikan sengketa informasi publik yang sedang dihadapi. Penyelesaian sengketa tersebut, ditinjau langsung oleh  Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Barat (Jabar).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Diskominfo Kota Depok, Nasrudin mengatakan, sebagai PPID utama, pihaknya memiliki peran untuk memberikan informasi ke setiap Perangkat Daerah (PD). Termasuk mendampingi PPID pembantu di tingkat kecamatan.

“Kali ini ada penyelesaian sengketa di Kecamatan Sawangan, maka kami turut mendampingi KIP Jabar dalam melakukan peninjauan. Kami akan sigap memberikan informasi yang ada atau data tidak dikecualikan, selama informasi yang diminta ada di dalam kuasa kami,” ujarnya kepada berita depok.go.id, di Kantor Kecamatan Sawangan, Selasa (18/02/20).

Sementara itu, Camat Sawangan, Herry Restu Gumelar mengungkapkan, peninjauan KIP Jabar  ke Kecamatan Sawangan sangat disambut baik. Dengan begitu diharapkan sengketa informasi dapat segera terselesaikan.

“Selama ini kami di kecamatan selalu melakukan keterbukaan informasi. Namun, kali ini informasi tersebut tidak kami  miliki. Harapan kami dengan KIP, bisa melakukan penyelesaian terkait sengketa ini,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua KIP Jabar, Ijang Faisal menuturkan, kehadiran pihaknya di Kecamatan Sawangan merupakan tindak lanjut dari penyelesaian sengketa informasi publik. Dalam mengambil keputusan, pihaknya harus melakukan peninjauan terlebih dahulu terkait pokok permasalahan yang dihadapi.

 “Dalam tinjauan ini, kami melakukan pemeriksaan terhadap dokumen yang diminta pemohon. Dokumen itu memang tidak dikuasai oleh Kecamatan Sawangan. Ke depan kami akan menggelar sidang kembali,” ucapnya. (JD 03/ED 01/EUD 02)