Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

News
Diskominfo Bekali Warga Kampung Caraka Cipayung Soal Branding dan Publikasi
JD 03 - berita depok

10
Jumat, 21 Jul 2023, 16:25 WIB

Koordinator Pengelolaan Informasi, Diskominfo Kota Depok, Afreni (paling kanan) saat menjadi narasumber pada pelatihan pembuatan branding dan publikasi Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka) bagi warga RW 09 Kelurahan Cipayung Jaya Kecamatan Cipayung di Aula Kelurahan Cipayung Jaya. Jumat (21/07/23). (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menjadi narasumber pada pelatihan pembuatan branding dan publikasi bagi warga di Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka) RW 09, Kelurahan Cipayung Jaya Kecamatan Cipayung, Jumat (21/07/23). Diadakan di Aula Kelurahan Cipayung Jaya, kegiatan tersebut diikuti oleh 50 warga.

Koordinator Pengelolaan Informasi, Diskominfo Kota Depok, Afreni mengatakan, branding dilakukan untuk membuat Kampung Caraka di RW 09, Kelurahan Cipayung Jaya memiliki kekhususan sehingga bisa dikenal luas oleh masyarakat. Yakni dengan menciptakan citra atau reputasi yang baik dari sebuah brand, kelompok, atau bahkan suatu individu.

“Materi saya lebih kepada sharing, melihat program apa saja yang memang sudah dijalankan, memberikan masukan bagaimana langkah awal branding, sehingga tujuan dari branding untuk Kampung Caraka di RW 09 ini tercapai yakni bisa membangun kesadaran terkait program di dalamnya,” katanya kepada berita.depok.go,id, usai menghadiri pelatihan tersebut.

Dirinya juga membagikan materi dasar terkait branding. Imbuhnya, branding juga bertujuan sebagai pembeda agar konsumen mudah mengenali dan membedakan produk seseorang dengan produk milik kompetitor.

“Untuk Kampung Caraka RW 09 harus punya logo, slogan atau tagline sebagai pembeda dengan yang lain. Jadi dibuat berbeda-beda sesuai dengan brandnya agar mudah dikenali dan dibedakan dengan lainnya,” jelasnya.

“Tadi mereka punya kerupuk nasi yang dicampur dengan lele ini harus dibuat logo, nama brand, slogan, tagline, atau warna tertentu. Jangan lupa nanti produk itu harus dilengkapi dengan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dengan menggandeng dinas lainnya,” tambahnya.

Selanjutnya, Narasumber kegiatan, Jurnalis Diskominfo Depok, Janet Swastika menambahkan, dirinya berupaya memberikan pengetahuan dasar terkait publikasi. Lanjutnya, setelah memiliki branding yang baik, publikasi yang tepat harus dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. 

“Pada setiap program seperti Posyandu Multifungsi Digital, Pos PAUD, Pusat Konseling dan Informasi Remaja (PIK-R), RW Ramah Anak, Kampung KB, Pekarangan Pangan Lestari atau Rumah Pangan Lestari, Posbindu, dan Program Kampung Iklim (Proklim) bisa mendokumentasikannya dengan caption dan narasi 5W+1 H sehingga informasi terpublikasi dengan baik,” ungkapnya.

“Bahkan bisa juga membuat konten maupun dokumentasi tentang prestasi apa saja yang sudah diraih dan dipublikasi melalui media sosial,” tambahnya.

Dirinya menambahkan, dalam hal publikasi , Diskominfo Kota Depok juga memiliki portal pemberitaan yaitu berita.depok.go.id yang bisa menjadi media publikasi semua program pemerintah. Pihaknya juga telah menfasilitasi pemasangan wifi gratis untuk mendukung kegiatan Kampung Caraka di RW 09.

“Tadi saya memberikan materi terkait digital marketing. Salah satunya terkait foto, bahwa foto itu penting dan dengan HP saja sudah bisa membuat foto produk dalam publikasi,” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD 04)


Apa reaksi anda?
0
0
0
0
0
0
0