Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dishub Depok Bersama BPTJ Mulai Uji Coba dan Sosialisasi BISKITA Trans Depok

JD 03 - berita depok
Rabu, 3 Juli 2024, 11:46 WIB
News
Wali Kota Depok Mohammad Idris bersama Dishub dan BPTJ saat sosialisasi layanan buy the service (BTS) di Kota Depok yang dimulai pada Senin, 1 Juli 2024. (Foto: Diskominfo Depok

berita.depok.go.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memulai uji coba dan sosialisasi layanan buy the service (BTS) di Kota Depok yang dimulai pada Senin, 1 Juli 2024, sebelum nantinya diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dalam waktu dekat.

Uji coba diawali dengan sosialisasi di Kantor Wali Kota Depok yang bertujuan untuk memperkenalkan armada BISKITA Trans Depok kepada perangkat daerah di Kota Depok dalam apel Senin pagi rutin. 

Selanjutnya, para kepala perangkat daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah akan mencoba langsung layanan ini sebelum nantinya diluncurkan dan dimanfaatkan masyarakat Depok. 

Kepala Dishub Kota Depok, Zamrowi, menyampaikan bahwa dalam jangka waktu dua minggu ke depan akan melakukan upaya sosialisasi BISKITA Trans Depok bersama-sama dengan BPTJ.

Pihaknya juga telah mengatur upaya sosialisasi dengan perangkat daerah terkait dengan uji coba. 

"Kami juga telah melakukan penjajakan dengan para penggiat media sosial dan influencer serta komunitas yang ada di Kota Depok untuk nantinya dapat menggaungkan kehadiran BISKITA Trans Depok," ucap Zamrowi kepada berita.depok.go.id, Rabu (03/07/24). 

"Begitu juga dengan perangkat daerah terkait, seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dengan Forum Genre nya dan sebagainya," sambung Zamrowi. 

Terpisah, Sekretaris BPTJ, Dedy Cahyadi, menyampaikan bahwa uji coba ini untuk memastikan armada yang akan beroperasi, perangkat IT, bus stop/halte, rute, pramudi, dan dampak sosial yang kemungkinan timbul.

"Kami akan melaksanakan test rute untuk armada yang telah siap sebagai langkah awal untuk memberitahukan kepada publik," jelasnya.

Uji coba akan dilanjutkan dengan mengoperasikan BISKITA Trans Depok pada satu koridor yang telah ditetapkan yaitu Terminal Margonda-LRT Harjamukti. 

Dedy menambahkan bahwa hasil uji coba ini akan dijadikan bahan evaluasi bagi BPTJ untuk melakukan perbaikan-perbaikan sebelum secara resmi di launching pengoperasiannya oleh Menteri Perhubungan.

"Kami berharap uji coba ini juga dapat dijadikan media untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Depok. Dengan mengaspalnya BISKITA, diharapkan masyarakat dapat melihat secara langsung dan mengenal lebih dekat," ungkapnya.

BISKITA merupakan akronim dari Bus Inovatif, Solusi Transportasi Perkotaan Terintegrasi dan Andal. Kota Depok merupakan kota ketiga setelah Kota Bogor yang telah menerima BTS pada tahun 2021 dan Kota Bekasi pada tahun 2023.

Diharapkan dengan hadirnya BISKITA dapat memodernisasi angkutan umum, mengurangi kendaraan pribadi, dan mengurangi polusi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). (JD03/ ED 01).