Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dishub Depok Akan Terapkan JoTRam di Jalan Margonda

admin - berita depok
Senin, 15 Juli 2019, 11:05 WIB
Maju


Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana saat memantau arus lalu lintas jalan. (Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Joyful Traffic Management (JoTRAM) bakal diberlakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok dalam waktu dekat. Inovasi yang akan diterapkan pada jam sibuk ini, akan diuji coba di Jalan Raya Margonda
dan Simpang Juanda.

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, JoTRAM adalah pengaturan dalam bentuk manajemen rekayasa lalu lintas pada jam sibuk di waktu pagi dan sore, serta akhir pekan. Dengan kebijakan tersebut, pengendara juga akan dihibur dengan tampilan seni yang apik baik di terminal maupun di Jalan Simpang Ramanda, Jalan Margonda, dan Jalan Juanda.

“Jalan Margonda Raya semakin padat di saat jam sibuk, utamanya pagi dan sore hari saat hari kerja dan juga akhir pekan. Hal ini disebabkan kapasitas jalan sudah tidak sebanding dengan jumlah kendaraan yang terus bertambah,” ujarnya kepada depok.go.id, Selasa (09/07/2019).

Dirinya menjelaskan, kemacetan harus dikelola dengan lebih menyenangkan, agar warga bisa tertib dan memaknai hal itu  sebagai konsekuensi dari sebuah perkembangan kota. Sebab, jika harus menambah kapasitas jalan juga sudah tidak memungkinkan lagi.

“Program ini merupakan kolaborasi pendekatan manajemen rekayasa lalu lintas dengan pendekatan seni. Di Tokyo Jepang saja pada saat peak hour macet, dan warga menjalankan kondisi ini dengan tertib sehingga arus lalu-lintas lancar,” katanya.

Dirinya menambahkan, manajemen rekayasa lalu lintas dengan cara ini diharapkan dapat memberikan nuansa baru. Penerapan JoTRAM akan berkolaborasi dengan tim ahli dan pihak terkait lainnya.

“Semoga seluruh warga, utamanya pengguna Jalan Margonda Raya dapat mendukung program ini. Demi kenyamanan berlalu lintas,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo