Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Disdik Luncurkan Program Keaksaraan Fungsional Pembinaan Buta Aksara Alquran

JD10 - berita depok
Jumat, 26 Mei 2023, 22:28 WIB
Peserta program program Keaksaraan Fungsional Pembinaan Buta Aksara Alquran bersama aparatur Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok meluncurkan program Keaksaraan Fungsional Pembinaan Buta Aksara Alquran Tingkat Kota Depok.

Peluncuran program ini dilaksanakan di lokasi khusus (lokus) Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) RW 04 Kelurahan Duren Seribu (Duser), Kecamatan Bojongsari.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bidang keaksaraan atau literasi. Yaitu meningkatkan kemampuan membaca Alquran bagi masyarakat," kata Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Disdik Kota Depok, Suhyana kepada berita.depok.go.id, Jumat (26/05/23).

Dalam program Keaksaraan Fungsional Pembinaan Buta Aksara Alquran, terdapat 35 kelompok belajar yang tersebar di 11 kecamatan. Masing-masing kelompok belajar terdiri dari 10 peserta.

"Untuk di lokasi P2WKSS sendiri ada sembilan kelompok belajar dengan total 95 peserta," katanya.

Dirinya menuturkan, program ini akan berlangsung selama tiga bulan. Dimulai pada 1 Juni hingga 30 Agustus 2023.

Untuk tenaga pengajar, Disdik bekerja sama dengan Ikatan DAI Indonesia (IKADI) Kota Depok. Sebanyak 35 pengajar akan bertugas  memberikan pendidikan aksara Alquran kepada para peserta.

"Melalui program ini diharapkan masyarakat semakin mencintai Alquran, sehingga bisa mengamalkan apa yang ada di dalamnya," ujarnya.

"Selain itu juga bisa mengamalkan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat," tutupnya. (JD10/ED02/EUD04)