Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Dinkes Adakan Webinar Penguatan Pendampingan Kesehatan Mental Bagi ODHIV

JD 02 - berita depok
Jumat, 9 Desember 2022, 14:55 WIB
Kegiatan Webinar Penguatan Pendampingan Kesehatan Mental bagi Orang Dengan HIV (ODHIV) dan Keluarganya, Jumat (09/12/22). (Foto: Tangkapan Layar)

berita.depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan Webinar Penguatan Pendampingan Kesehatan Mental bagi Orang Dengan HIV (ODHIV) dan Keluarga. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) Tahun 2022.

Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina mengatakan, ODHIV tidak sekedar masalah kesehatan saja tetapi juga masalah psikososial. Misalnya, masalah psikologis yang terutama terjadi ketika hasil tes darah ternyata positif mengidap HIV yaitu kaget, sedih, dan stres.

"Kondisi tersebut pastinya memerlukan penanganan khusus dalam mengatasi stres psikososial spiritual sehingga diperlukan juga pendampingan untuk dapat berinteraksi," tuturnya saat membuka acara webinar, Jumat (09/12/22).

Menurut Rani, stres psikososial spiritual pasien terinfeksi HIV jika berlanjut akan mempercepat kejadian AIDS dan bahkan meningkatkan angka kematian. Selain ODHIV , keluarganya pun sering membutuhkan dukungan karena mereka pasti juga terdampak secara psikososial.

"Sehingga pendampingan dari berbagai pihak sebagai penguatan kesehatan mental sangat dibutuhkan," jelasnya.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendukung keberhasilan terapi dan perawatan pada ODHIV. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran semua pihak akan kesetaraan dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS," pungkasnya. (JD 02/ED 01/EUD02)