Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Di Seminar Bisnis, Bang Imam: UMKM di Depok Kami Perlu Akselerasi dan Eskalasi

JD 05 - berita depok
Kamis, 8 Februari 2024, 13:33 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menghadiri sekaligus memberikan arahan pada acara seminar bisnis yang digelar Komunitas Salzi And Friends bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, di Aula Serbaguna Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Rabu (07/02/24). (Foto: JD 04/Diskominfo Depok)

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menghadiri sekaligus memberikan arahan pada acara seminar bisnis yang digelar Komunitas Salzi And Friends bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), di Aula Serbaguna Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Rabu (07/02/24).

Bang Imam sapaan akrab Wakil Wali Kota Depok mengatakan, seminar bertajuk Digitalisasi Bisnis Dukung Ketahanan Keluarga ini sangat bermanfaat untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan kapasitasnya dalam berwirausaha. 

"UMKM di Depok kami perlu akselerasi dan eskalasi atau naik kelas, untuk itu pengusaha perlu melakukan beberapa hal di antaranya digitalisasi dalam pemasaran," katanya kepada berita.depok.go.id, usai acara tersebut.

"Seminar ini suatu kegiatan yang luar biasa, emak-emak (ibu-ibu) pengusaha kumpul dan diajarkan tentang digitalisasi, tidak sekadar jadi pengusaha sukses tapi juga dalam rangka menjaga ketahanan keluarganya," tambah Bang Imam.

Menurutnya, transformasi digital bisa membantu UMKM bertahan hidup bahkan meraup keuntungan lebih karena ruang lingkup pemasaran akan semakin luas.

"Kalau cuman sekampung nggak bakal nambah konsumennya, kalau digitalisasi konsumennya se-Indonesia," ujarnya.

Bang Imam mengungkapkan, banyak hal yang terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membantu UMKM naik kelas. 

Salah satunya melalui program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha, dimana ada lima sub kegiatan yang diterima para calon pengusaha baru.

Di antaranya, pelatihan, pendampingan, akses perizinan usaha, pemasaran dan permodalan. 

Diharapkan melalui program ini para pengusaha di Depok memiliki omzet miliaran rupiah. 

"Depok bukan lagi level 1 tapi sudah level 2 atau 3, karena banyak hal untuk eskalasi atau UMKM naik kelas, selain omzet naik, tenaga kerja, pemasaran dan perizinan itu faktor yang harus kami bantu untuk naik kelas," pungkasnya. (JD 05/ ED 01).