Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Depok Kaji Penambahan Jaringan Gas Rumah Tangga di Margonda

Selasa, 16 Juli 2019, 9:36 WIB

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono memimpin audiensi Pemkot Depok dengan PT Jabar Energi. (Foto: Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengkaji permintaan dari PT Jabar Energi untuk menambah jaringan gas rumah tangga di kawasan Margonda Raya, Kota Depok. Pengembangan jaringan komersil tersebut, rencananya akan dipasang sambungan baru sebanyak 6.230 di sepanjang 7 kilometer (km).

“Saat ini prosesnya masih dalam tahap diskusi. Kami akan menelusuri, apakah disana ada aset Pemerintah Kota (Pemkot) atau tidak. Nanti akan kami koordinasikan dengan bagian aset,” tutur Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono usai audiensi dengan PT Jabar Energi di Balai Kota, Kamis (20/06/2019).

Dikatakannya, ketika proyek tersebut dinilai memiliki prospek positif, maka akan dibuat studi kelayakan untuk berinvestasi. Namun demikian, lanjutnya, hal tersebut harus atas persetujuan Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Di tempat yang sama, Direktur Jabar Energi, Ahmad Riski Rasyid menuturkan, apabila disetujui, pihaknya akan memulai proyek tersebut pada Desember tahun ini. Rencananya, penambahan jaringan akan dilakukan mulai dari Universitas Indonesia (UI) hingga Stasiun Depok Baru (Stadebar), Kecamatan Pancoran Mas.

Saat ini, lanjut Ahmad, pihaknya tengah mengelola 4.050 jaringan gas rumah tangga yang tersambung di sepanjang Kecamatan Beji. Apabila diberikan kepercayaan kembali, maka pihaknya tinggal menambah sedikit jaringan untuk mengintegrasikan satu sama lain.

“Sisi positifnya, menjadi lebih mudah karena jaringan ini tersambung dengan unit rumah dan langsung terhubung dengan kompor. Lebih aman, efektif, dan ramah lingkungan,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo