Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Damkar Depok Kirim Traffic Accident dan Vertical Rescue ke Lokasi Gempa Cianjur

JD10 - berita depok
Kamis, 24 November 2022, 14:31 WIB
Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo Hutahuruk. (Istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok ikut membantu evakuasi korban gempa di Kabupaten Cianjur. Selain mengirimkan petugas, mereka juga membawa beberapa peralatan untuk melakukan pertolongan. 

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo Hutahuruk mengatakan, ada dua jenis peralatan yang pihaknya bawa ke lokasi gempa terdiri dari dua jenis.

Pertama peralatan traffic accident meliputi spreader cutting, cutting, manual cutting, ram jack telescopis hydraulic dan satu set lifting bag flat, tabung scuba, rotari saw, chainsow, paratek, holigan tool, compressor pengisian tabung. Serta hydraulic compressor. 

"Peralatan ini berguna untuk menolong dan menyelamatkan warga yang terkena musibah di segala tempat," katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (24/11/22). 

Yang kedua, lanjut dia, yaitu peralatan vertical rescue. Di antaranya, strecher basket, tripod, tapi karmantel, cara biner. Dan full body harnes untuk melakukan pertolongan pada wilayah bencana yang memiliki kontur yang miring seperti tebing. 

"Peralatan akan dibawa hari ini berbarengan dengan Tim Depok Peduli Gempa Cianjur," katanya. 

"Rencananya peralatan ini akan digunakan di lokasi bencana selama lima hari," tutupnya. (JD10/ED02/EUD02)