Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Ciptakan Lingkungan Sehat, Warga Tugu Bersihkan Jalan Protokol

JD 05 - berita depok
Minggu, 19 Maret 2023, 12:01 WIB
Sejumlah warga sedang membersihkan bahu jalan Tugu Raya dari rumput dan sampah-sampah, Minggu (19/03/23). (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Warga Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis mengadakan kerja bakti membersihkan bahu jalan protokol sepanjang 1 Km dari Jalan Tugu Raya - depan Kantor Kelurahan Tugu, Minggu (19/03/23). Kegiatan yang diprakarsai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) ini, untuk membangkitkan semangat gotong royong warga.


Ketua LPM Kelurahan Tugu, Feri Riza Ananta mengatakan, unsur RT, RW, kelompok kerja (Pokja) sehat, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat, Karang Taruna, dan mitra lainnya bersinergi membersihkan jalan serta saluran drainase dari sampah-sampah. Kemudian, sampah tersebut diangkut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).


"Kami ingin Jalan Tugu sebagai jalan utama indah, bersih dan rapih," katanya kepada berita.depok.go.id, Minggu (19/03/23).


Feri menuturkan, tugas LPM tidak hanya mengurusi masalah pembangunan, namun juga fokus pada pemberdayaan masyarakat. Kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat.


"Rencananya tidak hanya kali ini, tapi akan rutin mengajak masyarakat menjaga lingkungannya tetap asri dan bersih," tuturnya.


Di tempat yang sama, Camat Cimanggis Dody Setiawan mengapresiasi LPM dan warga Kelurahan Tugu yang telah peduli terhadap kebersihan lingkungan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan, salah satunya dipengaruhi oleh faktor lingkungan.


Dirinya menjelaskan, menurut teori H.L. Blum bahwa derajat kesehatan ditentukan oleh 40 persen faktor lingkungan, 30 persen faktor perilaku, 20 persen faktor pelayanan kesehatan, dan 10 persen faktor genetika (keturunan).


"Kalau lingkungan bersih, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat Insha Allah tubuh kita akan sehat. Semoga kegiatan bebersih lingkungan ini bisa merambah ke wilayah lain di Tugu agar semua lingkungannya bersih," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD03)