Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Berbudaya
Cilodong Angkat Keberagaman, Barongsai Ikut Semarakkan MTQH ke-XXIV
JD 08 - berita depok

26
Selasa, 11 Nov 2025, 15:20 WIB

Kecamatan Cilodong mencuri perhatian dengan menghadirkan atraksi barongsai dalam defile Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) ke-XXIV Tingkat Kota Depok di Lapangan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Selasa (11/11/25). (Foto:Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pawai Taaruf membuka rangkaian Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) ke-XXIV Tingkat Kota Depok di Lapangan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Selasa (11/11/25). Seluruh kecamatan tampil memeriahkan kegiatan dengan menampilkan atraksi seni budaya dan membawa ciri khas masing-masing.

Kecamatan Cilodong menjadi salah satu yang mencuri perhatian dengan menghadirkan atraksi barongsai dan drumband dalam defile Pawai Taaruf.

“Kami membawa sekitar 200 kafilah dari berbagai unsur. Mulai dari kecamatan, kelurahan, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), pondok pesantren, dan lainnya. Kami juga menampilkan barongsai di depan Wali Kota Depok Supian Suri,” ujar Camat Cilodong, Zainal Arifin, di sela kegiatan.

Zainal menuturkan, barongsai dipilih untuk menunjukkan semangat kebersamaan dalam keberagaman. Ia menekankan, perayaan MTQH terbuka bagi seluruh elemen masyarakat.

“MTQH ini bukan hanya untuk muslim saja. Kami ingin menunjukkan keragaman bisa dipersatukan, semua warga dapat ikut memeriahkan kegiatan ini. Salah satunya melalui Pawai Taaruf,” ungkapnya.

Zainal menyampaikan, Kecamatan Cilodong memiliki moto “Dengan semangat kebersamaan dalam keberagaman, kita wujudkan Kecamatan Cilodong yang cinta Alquran dan Hadis untuk Depok Maju.”

“Tahun ini kami mengirim 18 putra dan 21 putri yang bertanding di sembilan cabang lomba. Pembinaan sudah dilakukan secara maksimal. Insyaallah optimistis masuk lima besar. Minimal defile Cilodong menang, karena ini juga turut dilombakan,” tandasnya. (JD 08/ED 02)


Apa reaksi anda?
0
0
0
0
0
0
0