Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Cek Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran, SMPIT Al Haraki Dikunjungi Google Asia Pasifik

JD 05 - berita depok
Kamis, 25 Mei 2023, 12:00 WIB
Foto: istimewa Rombongan Google Indonesia dan Asia Pasific mengunjungi SMP Islam Terpadu Al Haraki yang berlokasi di Jalan Pemuda, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (23/05/23).

berita.depok.go.id - SMP Islam Terpadu (SMPIT) Al Haraki yang berada di Jalan Pemuda, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) dikunjungi rombongan Google Asia Pasifik untuk melihat praktik penggunaan teknologi dalam pembelajaran di sekolah. Kunjungan ini dalam rangka program Google For Education Leader Series.

Kepala SMPIT Al Haraki, Chairullah menjelaskan, SMPIT Al Haraki terpilih menjadi Google Reference School atau salah satu sekolah referensi google di Indonesia yang sudah implementasikan Google for Education di dalam pembelajaran digital di kelas. SMPIT Al Haraki satu-satu di Indonesia yang dikunjungi oleh Google Asia Pasifik, pada Selasa (23/05/23).

"Alhamdulillah, SMPIT Al Haraki 100 persen menggunakan Google Workspace dan fitur-fiturnya dalam proses pembelajaran, baik guru maupun siswa," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (25/05/23).

Dikatakannya, SMPIT Al Haraki sudah menerapkan aplikasi Google dan perangkat Chromebook di dalam pembelajaran sehari-hari sejak 2018. Setiap siswa memiliki satu Chromebook yang digunakan untuk menunjang pembelajaran di dalam kelas.

Guru yang akan mengajar di dalam kelas memberikan materi melalui Google Classroom sebelum memasuki kelas. Kemudian membahasnya secara kolaborasi antara siswa dan guru melalui berbagai aplikasi Google yang interaktif dan menyenangkan, seperti Jamboard, Google Doc, Google Slides, Google Sites, dan lainnya.

"Tidak hanya itu, guru dan karyawan dari setiap bidang di SMPIT Al Haraki juga memanfaatkan Google Drive, Google Spreadsheets, Slides dalam penyimpanan administrasi dan perangkat ajar," paparnya.

"SMPIT Al Haraki menyambut baik program Google Leader Series ini. Sebab, akan menjadi momentum yang baik bagi kami untuk saling memberikan inspirasi dalam bidang pendidikan kepada dunia," tuturnya.

Sebagai informasi, Google Leader Series merupakan salah satu program dari Google Asia Pacifik yang mengundang berbagai pemegang kepentingan serta pemerhati pendidikan dari berbagai negara di Asia Pasifik.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut petinggi pendidikan dari berbagai negara Jepang, Taiwan, dan Selandia Baru, Wali Kota Bitung, Wali Kota Solok, Wali Kota Gorontalo dan Bupati Bolaang Mongondow, beberapa kepala dinas pendidikan dan pemerhati pendidikan dari berbagai daerah di Indonesia. (JD 05/ED 02/EUD 04)